Home / Pemkab Kobar

Rabu, 1 November 2023 - 12:51 WIB

Disperindagkop UKM Kobar Susun Kalender Even UMKM

Peserta saat serius mengikuti kegiatan, Rabu (1/11). (Foto : din)

Peserta saat serius mengikuti kegiatan, Rabu (1/11). (Foto : din)

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat, dalam rangka pembinaan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), terus melakukan terobosan, salah satunya menyusun kalender event UMKM di Kobar.

Kepala Disperindagkop UKM Kobar Alfan Khusnaini mengatakan, guna menyusun kalender event UMKM itu , pihaknya melakukan rapat dengan seluruh Camat Se Kobar dan Lurah /desa desa se Kobar. Dimana dalam rapat itu juga kelompok pelaku UMKM.

Menurutnya, penyusunan kalender event UMKM ini, karena banyaknya masukan perihal event event yang berbarengan, sehingga berdampak pada pelaku UMKM lainnya seperti sepinya pengunjung.

“Rapat ini sengaja kami mengundang Camat  Lurah dan desa se Kobar, agar kami mengetahui agenda event event yang telah di rencanakan untuk tahun 2024 mendatang maupun yang telah berjalan, kegiatan rapat ini agar ada sinkronisasi, sehingga event event yang melibatkan pelaku UMKM, tidak berbarengan, ” ujar Alfan Khusnaini, Rabu (1/11).

Menurut Alfan, penyusunan kalender event UMKM ini adalah agar ada Akselerasi pemberdayaan UMKM di Kobar, dalam pemberdayaan UMKM  pemerintah daerah Kobar selalu hadir, dimana dalam penyusunan kalender event UMKM ini melibatkan Camat dan Lurah, karena Camat dan Lurah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah daerah yang bersentuhan langsung atas keberadaan UMKM.

Baca Juga :  Bupati Resmikan Bendungan di Desa Berambai Makmur

” Dalam penyusunan kalender event UMKM ini, kemudian akan di perkuat oleh Surat Keputusan (SK) Bupati Kobar, sehingga dalam SK itu telah diatur jadwal event event UMKM, dengan harapan apabila event tidak berbarengan maka akan ada pemerataan pengunjung tentunya akan ada nilai tambah bagi pelaku UMKM itu sendiri, ” papar Alfan Khusnaini.

Baca Juga :  MTQ ke 52 Resmi Digelar, 8 Cabang Dilombakan

Di kesempatan ini Alfan mengharapkan, agar seluruh pelaku UMKM di Kobar ini bersatu dan kompak, tidak ada istilah persaingan, karena rejeki sudah di atur oleh Allah SWT.

” Pemerintah daerah Kobar telah berkomitmen dalam memberdayakan UMKM, selain penyusunan kalender event UMKM, kami juga telah menyusun rancangan Peraturan Bupati tentang kemudahan berusaha, memberikan perlindungan serta pemberdayaan UMKM di Kobar,”tandasnya. (Din)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Debit Air Naik, BPBD Kobar Pantau Daerah Rawan Banjir

Pemkab Kobar

Hadiri HUT Kobar ke 64, Ini Harapan Wakil Gubernur Kalteng

Kobar

Lukisan Warga Binaan Pukau Wapres RI

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Resmikan Lapak Online 

Pemkab Kobar

November 2023, Ribuan Tenaga Honorer Kobar Diberhentikan

Pemkab Kobar

BPK Serahkan LHP Bantuan Keuangan Parpol TA 2021

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Mitigasi Daerah Rawan Bencana Pesisir Kumai 

Pemkab Kobar

ASN Diingatkan Agar Patuhi Aturan Berlulintas