Home / Lamandau / Pemkab Lamandau

Kamis, 5 Oktober 2023 - 15:09 WIB

Warga Desa Tamiang Kompak Tingkatkan Hasil Kebun Desa

Penasehat TPKD Tamiang  Edi Manto didampingi pengurus TPKD saat memberi arahan kepada masyarakat Desa Tamiang yang bekerja di Kebun Desa. (Foto : Bintang Rahmadi)

Penasehat TPKD Tamiang Edi Manto didampingi pengurus TPKD saat memberi arahan kepada masyarakat Desa Tamiang yang bekerja di Kebun Desa. (Foto : Bintang Rahmadi)

NANGA BULIK, Kaltengekspres.com РPuluhan masyarakat Desa Tamiang, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau kembali ikut terlibat dalam pengelolaan kebun  kelapa sawit yang menjadi potensi desa melalui Tim Pengelola Kebun Desa (TPKD) Tamiang.

Seperti yang disampaikan oleh Penasehat Tim Pengelola Kebun Desa (TPKD) Tamiang, Edi Manto, bahwa kini masyarakat kembali bergairah dan terlibat langsung dalam mengelola kebun secara swadaya setelah sebelumnya kebun desa Tamiang dikelola oleh pihak ketiga.

“Untuk bagian perawatan kebun saja jumlahnya mencapai 65 orang, mereka semua merupakan warga Kita Desa Tamiang,” kata Edi Manto, Kamis 5 Oktober 2023.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam mengelola kebun desa dapat menciptakan semangat yang berlipat bagi TPKD dan masyarakat, karena keberadaan kebun dapat mejadi sumber pendapatan masyarakat dan desa, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga :  Bupati Ikuti Prosesi Pemakaman Veteran di TMP Lamandau

“Masyarakat yang ikut bekerja di kebun kita upah sesuai standar, sedangkan masyarakat yang tidak terlibat secara langsungpun tetap mendapat manfaat dari hasil kebun melalui berbagai program yang dicanangkan TPKD dan Pemerintah Desa,” jelasnya.

Edi Manto menjelaskan, jika pengelolaan kebun saat ini masih dalam masa transisi, sehingga masih banyak hal yang terus dibenahi. Namun, dengan semangat dan kekompakan masyarakat, TPKD meyakini hasil perkebunan akan terus meningkat.

“Hasil pengelolaan kebun dalam kurun waktu kurang dari sebulan terakhir saja TPKD melalui pemdes mampu menggratiskan pembayaran pemasangan instalasi dan KWH listrik PLN masyarakat Desa Tamiang, serta kebutuhan-kebutuhan lainnya,” sebutnya.

Baca Juga :  Pemuda Diminta Bijak Sikapi Perkembangan Teknologi

Diketahui, dengan disaksikan Bupati Lamandau dan Camat Bulik, belum lama ini TPKD Tamiang menyerahkan pelunasan biaya untuk pemasangan, instalasi dan KWH baru sebesar Rp 323 juta.  Jumlah tersebut untuk mengcover 146 KWH dengan rincian 140 untuk rumah warga dan 6 KWH lainnya dipasang di berbagai fasilitas umum yang ada di Desa Tamiang.

“Beberapa kebutuhan lain juga mampu kita dipenuhi, termasuk Pengadaan Baju Adat senilai Rp25 juta untuk keperluan kegiatan adat di Desa,” pungkasnya.(BR/*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pos Mudik, Ada Gerai Vaksin dan Layanan Kesehatan Gratis

Lamandau

Disdukcapil Gelar Layanan Jebol Adminduk

Daerah

Bupati Buka Futsal PWI Lamandau Cup

Daerah

Istri Bupati dan Istri Wabub Bagikan Takjil

Lamandau

Gemar Makan Ikan Wujudkan Indonesia Emas

Daerah

Tim Pengawas Wajib Pajak Dibentuk, Pemkab Lamandau – Kantor Pajak Pratama

Lamandau

Seluruh Pejabat Baru Teken Pakta Integritas

Lamandau

Polres Lamandau Musnahkan Sabu Seberat 2 Kg