Home / DPRD Murung Raya

Senin, 16 Oktober 2023 - 10:38 WIB

Dewan Harapkan Koperasi Mura Terus Berkembang

Ketua komisi III DPRD Kabupaten Murung Raya, Acmad Tafruji SP.

Ketua komisi III DPRD Kabupaten Murung Raya, Acmad Tafruji SP.

PURU CAHU, KaltengEkspres.com – Ketua komisi III DPRD Kabupaten Murung Raya, Acmad Tafruji SP, mengharapkan agar koperasi di Kabupaten Murung Raya terus berkembang dalam semua kegiatan usahanya, menjadi sokoguru perekonomian, dan meningkatkan kehidupan ekonomi serta kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya.

Karena itu sangat pentingnya pelatihan kompetensi manajerial bagi Pengurus dan Pengelola Koperasi di Kabupaten Murung Raya.

Menurutnya pelatihan tersebut diadakan dengan harapan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta kemampuan pengurus dan pengelola koperasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan penguatan usaha koperasi serta mendukung usaha koperasi itu sendiri.

“Peningkatan kinerja bertujuan untuk meningkatkan daya kerja dan kemampuan dalam pengawasan perkoperasian,” kata Tafruji, Senin (16/10).

Baca Juga :  Jelang Pilkades Serentak, DPRD Mura Imbau Agar Pelaksanaan Kondusif

Tafruji menjelaskan bahwa pelatihan ini memberikan bekal peserta dengan keterampilan dalam penyusunan perencanaan, strategi pengembangan pertumbuhan koperasi sebagai entitas bisnis, pemasaran berbasis digital, dan peningkatan pengawasan terhadap tata kelola manajemen koperasi yang baik dari aspek akuntansi, manajemen usaha, dan risiko.

Dijelaskannya, bahwa koperasi dengan strategi yang baik dan benar merupakan bentuk realisasi perencanaan jangka panjang yang mengintegrasikan tujuan, kebijakan, dan rangkaian kegiatan untuk mencapai suatu tujuan dan sasaran tertentu yang tepat.

Tafruji menegaskan bahwa koperasi berdasarkan prinsip-prinsip koperasi adalah gerakan perekonomian rakyat yang memiliki asas kebersamaan dan kekeluargaan, didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, serta mengusung prinsip gotong royong dari semua anggota di dalamnya.

Baca Juga :  DPRD Mura Sahkan KUA-PPAS 2024

Pada kesempatan ini ia juga menekankan bahwa koperasi di Murung Raya saat ini bergerak dalam berbagai bidang usaha seperti katering, transportasi, simpan-pinjam, dan penyediaan bahan logistik sembako. Beberapa koperasi di wilayah Muara Tuhup telah menjalin MoU dengan perusahaan dalam rangka penyediaan barang dan jasa, seperti jasa transportasi, katering, dan bahan mentah.

‘Saya berharap agar koperasi di Murung Raya terus berkembang dalam semua kegiatan usahanya, menjadi sokoguru perekonomian, dan meningkatkan kehidupan ekonomi serta kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya,” tandasnya. (id)

Share :

Baca Juga

DPRD Murung Raya

Dewan Harapkan Ranch Ternak Ikut Sumbang PAD

DPRD Murung Raya

Dewan Mura Terus Ingatkan PBS Utamakan Rekrut Tenaga Kerja Lokal

DPRD Murung Raya

Perusahaan Diminta Sering Lakukan Program Pemberdayaan Masyarakat

DPRD Murung Raya

Seluruh Kades Diminta Berkoordinasi

DPRD Murung Raya

E-Kinerja Tingkatkan Disiplin dan Kinerja ASN

DPRD Murung Raya

Perusahaan Diminta Prioritaskan Rekrutmen Putra Daerah

DPRD Murung Raya

Kafilah Mura Diharapkan Raih Hasil Terbaik di FSQ Nasional 

DPRD Murung Raya

Generasi Muda Diharapkan Berkontribusi Bagi Daerah