Home / Nasional

Kamis, 14 September 2023 - 10:31 WIB

Polisi Ciduk Tiga Penambang Emas Ilegal

Anggota saat meninjau lokasi penambangan emas ilegal yang telah dipasang garis polisi. (Foto : Istimewa)

Anggota saat meninjau lokasi penambangan emas ilegal yang telah dipasang garis polisi. (Foto : Istimewa)

TAMBRAUW, KaltengEkspres.com – Kepolisian Resor (Polres) Tambrauw, Polda Papua Barat Daya menangkap tiga penambang emas ilegal di Distrik Kwoor, Kabupaten Tambrauw berinisial IS (20), R (42) dan M (49).

Kapolres Tambrauw, AKBP Bendot Dwi Prasetio, menjelaskan bahwa penangkapan terhadap ketiga pelaku dilalukan berdasarkan laporan masyarakat setempat pada 11 September 2023.

Pihak kepolisian juga telah menyita sejumlah barang bukti yang digunakan dalam aktivitas penambangan ilegal seperti satu mesin dompeng, satu mesin alkon, selang, dua alat pendulangan, dan empat gram emas hasil tambang.

Baca Juga :  8 Upaya PLN Kurangi Emisi Karbon Bakal Dipamerkan dalam SOE IC

“Ketiganya ditangkap saat sementara melakukan aktivitas penambangan. Sehari setelah kami terima laporan masyarakat, anggota kami langsung ke lokasi,” ungkapnya, Rabu (13/9/23).

Ia menjelaskan, kasus ini masih dalam proses penyelidikan guna mengetahui secara pasti berapa lama aktivitas tambang ini berjalan, kemudian ke mana emas itu dijual hingga keterlibatan oknum-oknum tertentu.

“Kasus ini kita masih dalami lewat tiga orang yang telah kita amankan untuk mengetahui secara mendalam dari aktivitas tambang ilegal itu,”ujarnya.

Baca Juga :  Dua Kelompok Warga Terlibat Tawuran di Jaksel

Bendot Dwi mengakui, bahwa dampak dari penambangan ilegal itu akan mengarah kepada kerusakan lingkungan dan mendatangkan bencana banjir serta longsor.

Akibat perbuatannya, ketiga penambang itu dijerat dengan Pasal 158 UU Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda 100 Miliar. (ari)

Share :

Baca Juga

Nasional

Waspada! Narkoba Jenis Baru Masuk Indonesia

Nasional

Jokowi Tunjuk Mahfud MD Plt Menkominfo RI

Nasional

Gempa Karangasem, 34 Rumah Warga Rusak Parah

Nasional

Hisap Sabu, Nia Ramadhani dan Suami Ditangkap Polisi

Hukum Kriminal

Polisi Ungkap Kasus Pemerasan Berkedok Prostitusi Online

Nasional

Polisi Ungkap 11 TKW Korban Penipuan Wowon CS

Metro Palangka Raya

PLN Sukses Raih Pendapatan Penjualan Rp. 311,1 Triliun

Kobar

Ayoo!! Sudah 70 WNA Bekerja di Kobar, Baru 35 Yang Perpanjang IMTA