Home / Lamandau / Pemkab Lamandau

Senin, 4 September 2023 - 15:28 WIB

Bupati Resmikan Gedung Mewah RSUD Lamandau

Bupati Hendra Lesmana tanda tangani prasasti Tower A RSUD Lamandau. (Foto : Bintang Rahmadi)

Bupati Hendra Lesmana tanda tangani prasasti Tower A RSUD Lamandau. (Foto : Bintang Rahmadi)

NANGA BULIK, Kaltengekspres.com – Salah satu proyek strategis Pemerintah Kabupaten Lamandau yakni Gedung Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) telah selesai dibangun. Tower A Gedung RSUD yang beralamat di Jalan Trans Kalimantan, Nanga Bulik, itu diresmikan oleh Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, Senin, 4 September 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Lamandau mengatakan bahwa salah satu parameter yang mudah diukur dalam perkembangan suatu daerah adalah bidang kesehatan.

“Sejak awal menjabat, selain infrastruktur, saya mendorong pelayanan kesehatan dapat merata ke seluruh desa, untuk itu kita ada program 2 (dua) nakes tiap desa. Meskipun,¬† tantangan kita adalah bagaimana tenaga kesehatan itu bertahan dan betah di desa-desa pelosok. Oleh sebab itu, kita adakan program beasiswa pendidikan,agar nantinya ketika sudah lulus dapat mengabdi di desa,” ungkapnya.

Bupati membeberkan, pada tahun 2018, RSUD Lamandau akan diturunkan statusnya menjadi puskesmas plus. Hal itu menjadi salah satu pertimbangan pemerintah daerah untuk memprioritaskan layanan kesehatan di Kabupaten Lamandau.

“Bayangkan, sebuah kabupaten yang sedang tumbuh berkembang, RSUDnya mau dijadikan Puskesmas plus, itu sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, Saya dalam memimpin mempunyai oriented yang berbeda dengan pemimpin yang lain. Fokus saya pada bidang-bidang yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat, salah satunya layanan kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Mesin Daur Ulang Sampah belum Beroperasi Maksimal

Lebih lanjut Bupati Hendra menjelaskan, bahwa pembangunan RSUD tersebut bukan alasan ego, namun jauh lebih penting untuk menghadirkan layanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah saya mempunyai tim yang luar biasa, dari Setda, Direktur RSUD yang sepaham dengan Saya sehingga pembangunan ini dapat terlaksana dengan baik,” sebutnya.

Bupati juga berharap, pembangunan gedung RSUD yang representatif   harus diikuti dengan pelayanan yang meningkat dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.
“Mudah-mudahan niat baik kita semua memperbaiki Lamandau dibidang kesehatan ini dapat kita wujudkan bersama,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Direktur RSUD Lamandau, dr. Ning Agustina menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya seluruh komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan SDM hang produktif secara sosial dan ekonomis.

“Untuk meningkatkan dan menyiapkan SDM yang berkualitas dan pelayanan yang optimal, RSUD Lamandau menyiapkan berbagai fasilitas dalam menunjang pelayanan, sehingga perlu dibangun gedung baru yang kita resmikan hari ini,” sebutnya.

Baca Juga :  10 Karyawan Perusahaan Jalani Tes Swab Kedua

Disebutkan Ning Agustina, pembangunan gedung baru RSUD menggunakan anggaran murni Pemkab Lamandau sebesar 60 Miliar yang dikerjakan secara Multiyears dimulai tahun 2021 hingga 2022.

“Gedung baru ini dirancang dengan memberikan kesan Hoomy, diharapkan masyarakat yang berobat tidak seperti berobat ke rumah sakit, tapi seolah-olah sedang berada di pusat perbelanjaan, karena disediakan stand-stand makanan dan minuman. Hal ini untuk mengaburkan aroma obat yang menjadi ciri khas rumah sakit,” ujarnya.

RSUD Lamandau, lanjut Dia, adalah satu-satunya bangunan bertingkat 5 yang dilengkapi lift dan menampilkan ornamen-ornamen didalam gedung dengan curi khas Suku Dayak Tomun dengan tujuan transfer on knowledge.

Diketahui, gedung baru RSUD Lamandau terdiri dari lantai 1 adalah instalasi darurat, ponek dan radiologi. Lantai 2 untuk ruang poliklinikrawat jalan dan laboratorium. Lantai 3 merupakan kamar operasi dan ICU, kemudian lantai 4 untuk kebidanan dan perinatologi dan Lantai 5 merupakan ruang perawatan standart.(BR/*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Gotong Royong Merupakan Jati Diri dan Karakter Bangsa

Lamandau

Diresmikan Bupati, Pembangunan Masjid Nur Attaqwa Desa Bunut Dimulai

Lamandau

Pengendara Motor Tewas Dihantam Mobil Navara

Pemkab Lamandau

Hadiri HPN di Lamandau, Ketua Umum PWI Terima Gelar Adat Dayak Tomun

Lamandau

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penusukan Karyawan PT. GCM

Lamandau

Diresmikan Bupati, Jembatan Sei Guci Perlancar Akses Masyarakat

Lamandau

Sensus Pertanian Diharapkan Sajikan Data Akurat

Lamandau

Pedagang Pasar Nanga Bulik di Rapid Test