Home / Lintas Kalimantan / Metro Palangka Raya

Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:20 WIB

PLN Dukung Rumah Limbah dan Lembaga Pelatihan

Petugas PLN secara simbolis serah terima program TJSL. (Foto : PLN)

Petugas PLN secara simbolis serah terima program TJSL. (Foto : PLN)

BANJARBARU, KaltengEkspres.com– PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UID Kalselteng) berkomitmen untuk terus berkontribusi meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Kalselteng menyalurkan dukungan untuk Rumah Limbah Bonkla Borneo serta lembaga pelatihan Santika. Secara simbolis diserahkan langsung oleh Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum Sigit Fanani kepada Ketua Rumah Limbah Bonkla Gunarto dan disaksikan Walikota Banjarbaru Aditya Maufti Arifin pada Senin 28 Agustus 2023 di Banjarbaru.

Orang nomor satu di Kota ‘Idaman” tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN yang telah mendukung program yang akan mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Petugas PLN saat meninjau aktivitas warga. (Foto : PLN)

“Terima kasih kepada PLN yang terus berkolaborasi untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan memberikan sarana dan prasarana mendukung Rumah Limbah Bonkla dan Lembaga Pelatihan Santika,” ungkapnya.

Baca Juga :  Satu Tersangka Kasus Korupsi APBD Katingan Kabur ke Luar Negeri

Sementara itu Gunarto mengaku bahwa antusiasme warga sangat tinggi untuk mengikuti pelatihan pada lembaga Santika, termasuk masyarakat penyandang disabilitas.

“peminat untuk belajar di lembaga pelatihan ini cukup banyak, telah tercatat 1.400 orang yang ikut belajar dan 560 pesertanya sudah lulus dan mendapatkan sertifikat,” terang Gunarto.

Adapun pembangunan yang telah dilakukan pada penyerahan bantuan TJSL kali antara lain pembuatan Workshop dan Galeri dan pembuatan kanopi, taman serta kolam untuk Bonkla Borneo Banjarbaru. Kemudian PLN juga memberikan bantuan pengadaan sarana berupa pembelian meja kursi, laptop, proyektor, dan sarana pelatihan lainnya untuk Lembaga Santika, serta pembelian peralatan workshop seperti mesin bor, gerinda, mesin pengolah bahan makanan dan lainnya untuk Bonkla Borneo Banjarbaru.

Baca Juga :  Polsek Pahandut Ringkus Residivis Pembobol 10 Rumah

Rumah Limbah Bonkla Borneo Banjarbaru merupakan program pendampingan untuk UMKM yang berfokus pada pengembangan dan pemanfaatan limbah serta pengembangan kuliner.

Sedangkan Lembaga Pelatihan Santika merupakan wadah kursus gratis untuk masyarakat umum dan disabilitas yang berada di Kota Banjarbaru. Hadirnya Santika diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berdaya saing tinggi pada dunia kerja.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin mengungkapkan fokus dukungan TJSL PLN adalah bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan.

“Dengan dukungan program Rumah Limbah Bonkla dan Lembaga Pelatihan Santika yang merupakan program pada bidang Pendidikan, Lingkungan dan UMKM, diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap peningkatan kualitas SDM, sehingga berdampak pada kesejahteraan dan ekonomi masyarakat yang terus berjalan sesuai tujuan dari Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDG’s),” ungkapnya. (adv)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Alasan Terdesak Kebutuhan Ekonomi, Pria Ini Nekat Menjambret 

Metro Palangka Raya

Sekelompok Remaja Mengamuk di Barak Jalan G.Obos

Hukum Kriminal

Bikin Keributan, Napi Asimilasi Dikembalikan ke Rutan

Lintas Kalimantan

Milenial Makin Nyaman dengan Listrik Prabayar

Metro Palangka Raya

Gagal Kencan dengan Waria, Pria Ini Terkejut Didatangi Polisi

Metro Palangka Raya

Sasar THM, Giat K2YD Polisi Jaring 8 Orang Tanpa KTP

DPRD Kota

Program Kerja Harus Terukur dan Sesuai Jalur

DPRD Kota

Dewan Minta ASN Tingkatkan Inovasi Pelayanan