Home / Lamandau / Pemkab Lamandau

Senin, 7 Agustus 2023 - 10:21 WIB

Melalui Festival Babukung, Bupati  Ajak Wisatawan Datang ke Lamandau

Bupati Hendra Lesmana saat membuka kegiatan Festival Budaya Babukung tahun 2023 di Kabupaten Lamandau. (Foto : Bintang Rahmadi)

Bupati Hendra Lesmana saat membuka kegiatan Festival Budaya Babukung tahun 2023 di Kabupaten Lamandau. (Foto : Bintang Rahmadi)

NANGA BULIK, Kaltengekspres.com – Pemukulan gong oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana, menandai dibukanya secara resmi  Festival Babukung 2023. Tampak hadir dalam pembukaan event tahunan yang masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) itu, Staf Ahli Kemenparekraf Bidang Manajemen Krisis, Fadjar Hutomo, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal Sembiring Depari Sembiring, Kepala BKSDA Kalteng Sadtata Noor Adirahmanta, Wakil Bupati Lamandau, Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, serta Ketua TP PKK Lamandau.

“Festival Babukung merupakan salah satu budaya adat Dayak Tomun, yang mana sudah 8 kali kita laksanakan,” ungkap Bupati Hendra Lesmana dalam sambutannya, Senin 7 Agustus 2023.

Baca Juga :  Bupati Batal Sidak Pegawai, 90 Persen Hadir

Bupati menambahkan, bahwa masyarakat Kabupaten Lamandau patut berbangga akan adanya Festival Babukung yang telah masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023. Dimana, di Kalimantan Tengah hanya ada dua festival budaya yang masuk dalam KEN,  yaitu Festival Isen Mulang Palangka Raya dan Festival Babukung Kabupaten Lamandau.

“Saya harap Festival Babukung ini dapat memicu perekonomian di Kabupaten Lamandau,” imbuhnya.

Selain Festival Babukung, lanjut Dia,  masih banyak terdapat potensi-potensi wisata di Kabupaten Lamandau yang dapat kita kelola sehingga dapat meningkatkan industri pariwisata yang akan mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Lamandau.

Baca Juga :  Lahan Seluas 3 Hektar di Lamandau Terbakar

Diketahui, Setelah acara seremonial, dilaksanakan karnaval topeng luha yang diikuti oleh desa, kelurahan, kecamatan, dan OPD se-Kabupaten Lamandau. Kegiatan lain yang diadakan selama pelaksanaan event Festival Babukung 2023, diantaranya prosesi nota garung pantan, ritual meumpan bukung, pergelaran tari bukung, ritual mamunuh bukung, menobang jarau pamali, serta begoyap market yang dipusatkan di area pasar induk Nanga Bulik dengan dipadukan dengan kegiatan hiburan mulai tanggal 7 hingga 9 Agustus 2023.(BR/*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kades Jangan Bangun Insfrastruktur Dulu, 40 Persen Dana Desa untuk BLT

Daerah

Dinkes Lamandau Tancap Gas Turunkan Angka Stunting 

Lamandau

Ujian SIM Sekarang Jauh Lebih Mudah

Hukum Kriminal

Poin Kesepakatan PT FLTI dengan Warga Sekoban

Lamandau

Bupati Lamandau Lantik 5 Orang Pj Kades dan Anggota BPD

Lamandau

Polda Kalteng Amankan Warga Kinipan

Daerah

Pemkab Lamandau dan Polilaman Tandatangani MoU Bidang Tridharma Perguruan Tinggi

Lamandau

Bupati Buka Raker Camat dan Kades se-Kabupaten Lamandau