Home / DPRD Barito Selatan

Selasa, 11 Juli 2023 - 10:58 WIB

Komisi III DRRD Apresiasi Langkah Pemkab Lakukan Percepatan Turunkan Angka Stunting

Hermanes ketua komisi III DPRD Barsel..

Hermanes ketua komisi III DPRD Barsel..

BUNOK, KaltengEkspres.com -Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes mendukung langkah yang dilakukan pemerintah kabupaten setempat dalam percepatan penurunan prevalensi stunting di daerah ini.

“Karena, percepatan penurunan stunting ini telah menjadi agenda pembangunan nasional,” kata Hermanes (11/7/2023)

Ia mengatakan, hal itu mengacu pada keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dengan Nomor Keputusan 10/M. PPN/HK/02/2021 tertanggal 5 Februari 2021.

“Sedangkan kabupaten Barito Selatan merupakan salah satu sasaran intervensi penurunan stunting yang terintegrasi sejak 2021 lalu,” ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini.

Baca Juga :  DPRD Barsel Terima Dua Raperda Usulan Eksekutif

Untuk itu, pihaknya sangat mendukung langkah yang telah dilakukan dengan melaksanakan rembuk stunting dan sejumlah kegiatan lainnya hingga ke tingkat desa dalam upaya menurunkan angka stunting di daerah ini.

Sebab kata Hermanes, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan, prevalensi stunting di daerah ini sebesar 35,6 persen atau naik 4, 2 persen dari angka 31, 4 persen pada tahun 2021.

Menurut dia, rembuk stunting yang telah dilaksanakan ini merupakan tahun ke tiga dalam mengupayakan solusi terbaik dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Baca Juga :  Susunan Jadwal, DPRD Barsel Fokus Pada RAPBD TA 2023

Ia berharap, dengan telah dilaksanakan kegiatan rembuk stunting tersebut mampu menguatkan komitmen semua pihak dalam menanggulangi permasalahan stunting secara bersama-sama serta merealisasikan sejumlah program yang telah dirancang sebelumnya.

Karena lanjut dia, diperlukan kolaborasi semua pemangku kepentingan dalam mengambil perannya masing-masing untuk bekerjasama melakukan percepatan penurunan angka stunting di daerah ini.

“Dengan langkah dan kebijakan yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Barito Selatan selama ini, diharapkan angka stunting di daerah ini dapat turun sesuai dengan target yang ditentukan,” kata dia. (Rif)

 

 

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Komisi II DPRD Barsel RDP Dengan Dinas PUPR 

DPRD Barito Selatan

Dewan Dukung Pemkab Barsel Siapkan Anggaran Rp 10 Miliar Untuk Covid-19

DPRD Barito Selatan

Susun Jadwal, Bamus DPRD Barsel Gelar Rapat Dengan Eksekutif

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Dukung Beberapa Desa Di Dapil III Jadi Desa Wisata

DPRD Barito Selatan

Dewan ini Sebut Pembangunan Kesehatan Tanggung Jawab Bersama

DPRD Barito Selatan

Komisi III DPRD Barsel Study Banding Ke Batola

DPRD Barito Selatan

Adakan Kunker, Komisi III DPRD Barsel  Langsung Sidak RSUD dan  Puskesmas 

DPRD Barito Selatan

DPRD Gelar RDP dan Pemkab Barsel Terkait Galian C