Home / Metro Palangka Raya / Pemko Palangka Raya

Rabu, 5 Juli 2023 - 10:20 WIB

Dinkes Kota Fogging Kawasan Endemis DBD

Petugas Puskesmas Bukit Hindu saat melakukan fogging di kawasan endemis DBD di Jalan Batu Suli Palangka Raya. (Foto : istimewa)

Petugas Puskesmas Bukit Hindu saat melakukan fogging di kawasan endemis DBD di Jalan Batu Suli Palangka Raya. (Foto : istimewa)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya melalui Puskesmas Bukit Hindu melakukan pengasapan atau fogging di kawasan permukiman warga Jalan Batu Suli IV, VI dan VII Kota Palangka Raya, Selasa (4/7/2023).

Kepala Puskesmas Bukit Hindu, Hellyana mengatakan, kegiatan fogging hari ini merupakan tahap kedua yang dilakukan. Dalam satu siklus demam berdarah biasanya dilakukan fogging sebanyak dua kali dengan interval satu minggu.

“Fogging ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah di wilayah kerja Puskesmas Bukit Hindu termasuk di komplek pemukiman Jalan Batu Suli. Hingga saat ini tercatat sembilan kasus Demam Berdarah di wilayah kerja kami,” ungkap Hellyana.

Menurutnya, petugas Puskesmas Bukit Hindu telah memberikan imbauan kepada ketua RT dan warga dalam wilayah kerjanya agar selalu melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.

Baca Juga :  Polisi Gadungan Ancam Sebar Video Syur Guru 

Program 3M ini merupakan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit demam berdarah. Karena nyamuk Aedes Aegypti penular demam berdarah berkembang biak dengan memanfaatkan tempat tampungan air seperti bekas, kaleng bekas, botol, dan pot bunga yang tergenang air,” sambung Hellyana.

Baca Juga :  Sukseskan UCI MTB 2023, PLN Pasok Listrik Andal Tanpa Kedip

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Jangan biarkan nyamuk berkembang biak di tempat tinggal kita. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati akibat yang ditimbulkannya. (asro)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Bawa Sabu, Dua Pedagang Ikan Disergap Polisi

Metro Palangka Raya

Cegah Covid-19, Warga Gang Tirta Palangka Raya Portal Jalan

Metro Palangka Raya

Pesepeda Wajib Patuhi Aturan dan Rambu-rambu Lalu Lintas

Metro Palangka Raya

Banjir Meluas, Korban Terdampak Capai 1.400 Jiwa 

Metro Palangka Raya

PDP Asal Kelampangan Meninggal, Keluarga Sempat Tolak Pemakaman Protokol Covid-19

Pemko Palangka Raya

Pemko Gelar Operasi Pasar di 7 Kelurahan

Metro Palangka Raya

Dampak Covid-19, Maskapai Kurangi Jadwal Penerbangan

DPRD Kota

Dewan Minta Disdik Kota Gencar Sosialisasi PPDB Sistem Zonasi