Home / DPRD Provinsi Kalteng

Jumat, 9 Juni 2023 - 11:34 WIB

Dewan Kalteng Kunker ke Mura, Ini yang Digali

Bupati Mura Perdie saat menerima rombongan Komisi III DPRD Kalteng, Jumat (9/6). (Foto : DPRD Kalteng)

Bupati Mura Perdie saat menerima rombongan Komisi III DPRD Kalteng, Jumat (9/6). (Foto : DPRD Kalteng)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Rombongan Anggota Komisi III DPRD Kalteng melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Murung Raya (Mura), Jumat (9/6/2023). Kunjungan rombongan ini disambut langsung Bupati Mura Perdie M Yoseph di Kantor Bupati setempat.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mengatakan kunjungan kerja ini  dalam rangka menggali informasi terkait upaya pemda setempat melakukan percepatan penurunan kasus stunting.

Karena berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) sejumlah daerah di Kalteng yang sebelumnya memiliki prevalensi stunting tinggi bisa menurun cukup signifikan.

“Sesuai data daerah yang prevalensi stuntingnya menurun itu diantaranya Kabupaten Gunung Mas, Kapuas, Kotawaringin Timur dan Barito Timur. Sedangkan, ada beberapa daerah yang prevalensi stuntingnya meningkat seperti Barito Selatan, Seruyan dan Mura pastinya,”ujarnya.

Saat kunker ini, Komisi III pun mendengarkan penjelasan dari Pemkab Mura melalui Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten setempat terkait upaya dalam menangani stunting khususnya di Kabupaten Mura.

Baca Juga :  Wagub Kalteng Sampaikan Nota Keuangan RABPD 2024

Satgas melalui Tim Pendamping Keluarga dan Kader Pembangunan Manusia telah melakukan berbagai aksi konvergensi terintegrasi pada 15 kelurahan atau desa sebagai lokus intervensi stunting untuk tahun 2022 dan 6 Desa lokus pada tahun 2023.

Baca Juga :  Dewan Dorong Pemerintah Evaluasi Perizinan PBS

Sehingga, total desa lokus tersebut yakni sebanyak 21 Desa, melalui pelaksanaan program-program yang sudah dijalankan dalam rangka memastikan pencapaian tujuan program sebagaimana yang diharapkan, berupa intervensi terhadap 64 indikator.

Program atau kegiatan yang dilakukan bisa lebih efektif dalam rangka percepatan penurunan stunting yaitu dengan melakukan pendataan secara terpadu misalnya data balita stunting by name by address, sehingga program atau kegiatan yang dilakukan bisa tepat sasaran dan efektif dalam menanggulangi dan menurunkan stunting. (asro)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Prioritaskan Program Pasokan Listrik ke Pelosok

DPRD Provinsi Kalteng

Legislator Minta Kesejahteraan Damang Diperhatikan

DPRD Provinsi Kalteng

Waspadai Potensi Cuaca Ekstrim

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Anggaran Jangan Hanya Fokus Pada Infrastruktur

DPRD Provinsi Kalteng

Insan Pers Kalteng Diharapkan Jadi Mitra Kerja yang Baik

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi III DPRD Kalteng Kunker ke Gumas

DPRD Provinsi Kalteng

Serap Aspirasi Warga, Dewan Reses ke Barut

DPRD Provinsi Kalteng

Sebaran Tenaga Kesehatan Harus Merata