Home / Pemkab Pulang Pisau

Sabtu, 20 Mei 2023 - 10:20 WIB

Sekda Lepas 170 Kontingen FBIM Pulpis 

Sekretaris Daerah Tony Harisinta saat melepas kontingen Pulpis. (Foto : badar)

Sekretaris Daerah Tony Harisinta saat melepas kontingen Pulpis. (Foto : badar)

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Pulang Pisau Pudjirustaty Narang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Tony Harisinta melepas sebanyak 170 peserta perwakilan dari Kabupaten Pulang Pisau untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang diselenggarakan dari 21 s.d 27 Mei 2023 di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

Tony berharap bisa memberikan yang terbaik dalam Festival Budaya tersebut. “FBIM 2023 merupakan rangkaian acara promosi budaya dan pariwisata yang dimiliki Kalimantan Tengah. Melalui festival budaya ini diharapkan sekaligus bisa dijadikan sebagai alternatif promosi tentang keberadaan destinasi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pulang Pisau,” Ujarnya dalam sambutan.

Lanjutnya, FBIM ini adalah wahana yang bisa dijadikan tempat menunjukan kemampuan para peserta dari kabupaten setempat dalam menampilkan berbagai kreativitas melalui bidang seni dan budaya.

Pudjirustaty berpesan, untuk para kontingen yang mengikuti festival budaya FBIM 2023 diharapkan tetap bisa menjaga dan memelihara nama baik Kabupaten Pulang Pisau dengan terus meningkatkan kredibilitas di tingkat provinsi maupun nasional dan menjaga kebersamaan serta kekompakan.

Baca Juga :  Pj Bupati Pulpis Hadiri Pembukaan Jambore UMKM di Palangka Raya

Ia menegaskan, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Para peserta juga harus menjaga kesehatan sehingga saat mengikuti FBIM dalam keadaan kondisi yang fit dan prima. Menurutnya, ada hal yang lebih penting dalam FBIM ini, dimana peserta dari kabupaten setempat  bisa meningkatkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal agar bisa memberikan nilai tambah sehingga minat wisatawan lokal maupun dari mancanegara mau berkunjung ke Kabupaten Pulang Pisau.

Pudjirustaty menambahkan, untuk kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang ditunjuk menjadi koordinator masing-masing cabang lomba diharapkan untuk tetap mendampingi dengan serius. Hal tersebut bertujuan agar para kontingen bisa memberikan hasil yang terbaik.

Ia juga berharap, melalui FBIM 2023 bisa membangkitkan dan menggali semangat budaya serta menciptakan berbagai kreasi dan bisa melestarikan kesenian yang dimiliki Kabupaten Pulang Pisau.

Baca Juga :  Peran Penting TKHL Kurang Penumpukan Sampah

Perlu diketahui keikutsertaan Kabupaten Pulang Pisau telah tertuang berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor : 556/065/11/Disbudpar Palangka Raya tanggal 27 Februari 2023 serta Keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 136 Tahun 2023 tanggal 11 Mci 2023 tentang Pembentukan Kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kabupaten Pulang Pisau Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Peserta FBIM  dilepas simbolis dari kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pulang Pisau oleh Sekretaris Daerah Tony Harisinta. Kontingen berjumlah 170 peserta terdiri dari 24 orang panitia/ oficial dengan 146 peserta untuk mengikuti 24 cabang perlombaan.

Untuk cabang yang dilombakan dan dipentaskan diantaranya tari-tarian, olahraga tradisional, dan kearifan lokal Kalimantan Tengah serta sajian khas kuliner yang juga diikutsertakan dalam FBIM. (dar)

Share :

Baca Juga

Pemkab Pulang Pisau

Pj. Bupati Pulpis Hadiri HKAN 2023 di Desa Ramah Satwa

Pemkab Pulang Pisau

Bupati Lepas Keberangkatan Tim Bantuan Korban Banjir Kalsel

Pemkab Pulang Pisau

Patuhi Aturan Mudik Lebaran

Pemkab Pulang Pisau

Usai Divaksin, Bupati Ngaku Lebih Percaya Diri

Pemkab Pulang Pisau

Bupati Pulpis Sampaikan Pidato di Sidang Paripurna ke-3 DPRD

Pemkab Pulang Pisau

Pemprov Kalteng dan Pemkab Pulpis Sinergi Budidaya Ikan

Pemkab Pulang Pisau

Bupati Buka Dialog Paham Anti Radikalisme dan Terorisme

Pemkab Pulang Pisau

Positif Covid-19 di Pulang Pisau Bertambah 17 Orang