Home / DPRD Kotim

Senin, 8 Mei 2023 - 09:06 WIB

Dukung Wilayah Selatan Jadi Kawasan Penyangga Pangan

Anggota Komisi II DPRD Kotim Hj Darmawati.

Anggota Komisi II DPRD Kotim Hj Darmawati.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Hj Darmawati, mendukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim dalam memperkuat sektor pertanian di wilayah selatan sebagai kawasan penyangga ketahanan pangan, dengan mengukuhi kawasan setempat.

Mengingat selama ini wilayah selatan menjadi lumbung pangan daerah, khususnya di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit yang merupakan penghasil beras terbesar.

Baca Juga :  Dewan Imbau Perusahaan Bayar THR Tepat Waktu

“Kita sangat mendukung ketahanan pangan di wilayah selatan, karena itu daerah setempat harus ditingkatkan dan status kawasan juga harus dikukuhkan, apalagi disana ada desa penghasil beras terbesar di Kabupaten Kotim,” kata Darmawati, Senin (8/5).

Karena itu lanjut dia, langka Pemkab Kotim menetapkan wilayah selatan sebagai kawasan penyangga ketahanan pangan sudah tepat, Penetapan itu diperkuat dalam regulasi tata ruang daerah. Konkretnya, wilayah selatan dicadangkan khusus untuk pertanian pangan dan tidak boleh ada aktivitas perusahaan besar seperti perkebunan kelapa sawit maupun pertambangan.

Baca Juga :  Pemkab Kotim Tingkatkan Penanganan Tengkes

“Kami minta pemerintah daerah mengusulkan pengukuhan kawasan untuk pengembangan pertanian di wilayah selatan, karena ada beberapa lokasi yang terkendala lantaran lahannya masih berstatus kawasan hutan,” ujar Darmawati. (ahmad)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Dewan Minta Disperindag Rutin Sidak Pasar

DPRD Kotim

Kelompok Tani Lampuyang Kesulitan Mendapatkan Pupuk 

DPRD Kotim

Dewan Minta KPU Kotim Selesaikan Honor PPS

DPRD Kotim

Dewan Sayangkan Pelayaran DLU Stop Beroperasi

DPRD Kotim

Utamakan Program Prioritas dalam Pembangunan

DPRD Kotim

Hasil Kesepakatan RDP Tak Digubris, Dewan Meradang

DPRD Kotim

Kampung KB agar Optimalkan Penanganan Stunting

DPRD Kotim

Pemkab Kotim Diminta Cepat Tanggap Bantu Korban Banjir