Home / DPRD Seruyan

Rabu, 5 April 2023 - 12:29 WIB

Perlu Inventarisir Lahan Masyarakat Berstatus HP

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Muhammad Aswin.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Muhammad Aswin.

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Muhammad Aswin meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar melakukan inventarisir lahan milik masyarakat yang berstatus kawasan hutan produksi (KHP).

“Saya minta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk melakukan inventarisir lahan masyarakat yang berstatus KHP, sehingga nanti bisa diupayakan untuk pelepasan status kawasan itu,” katanya, Rabu (5/4).

Menurutnya, saat ini masih banyak lahan masyarakat baik itu pertanian maupun perkebunan yang masih berstatus KHP, khususnya di daerah pemilihan (Dapil II) yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk.

Karena itu, menyikapi kondisi ini dia berharap dinas terkait dalam hal ini Dinas Ketahananan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan Dinas Permukiman, Perumahan dan Pertanahan (Disperkimtan) Seruyan bisa bekerjasama untuk melakukan invenatrisi dan selanjutnya setelah terdata diajukan kepada kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHG) untuk pelepasan kawasan hutan.

Baca Juga :  Pedagang Masker Diimbau Tak Menaikan Harga Jual

Lanjut dijelaskannya, dengan berstatus KHP, tidak sedikit masyarakat di Dapil II saat ini yang tidak bisa berbuat apa-apa, mereka tidak dapat lagi berladang maupun berkebun seperti biasanya karena adanya larangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga :  Warga Tanjung Rangas Usul Pembangunan Poskesdes

“Tentu ini menjadi polemik bagi masyarakat, apalagi sektor pertanian dan perkebunan di Dapil II itu adalah mata pencaharian utama, jika dilarang tentu mereka tidak ada penghasilan lagi,” tandasnya. (dri)

Share :

Baca Juga

DPRD Seruyan

Kepala Daerah Diminta Buat ILPPD

DPRD Seruyan

DPRD Seruyan Terima Kunker Bapemperda Kotim

DPRD Seruyan

Dewan Minta Pemerataan Pembangunan Harus Jadi Perhatian Serius

DPRD Seruyan

Dewan Ajak Masyarakat Manfaatkan Peluang Usaha

DPRD Seruyan

Pemdes Diminta Rawat Sumur Bor Bantuan Pemerintah

DPRD Seruyan

Dewan Sampaikan Hasil Pembahasan Raperda RPJMD

Daerah

Terkait 7 Raperda Pemkab, Begini Tanggapan Fraksi-Fraksi DPRD Seruyan

Daerah

DPRD Seruyan Usulkan Cara Cegah Sengketa Lahan