Home / DPRD Provinsi Kalteng

Selasa, 25 April 2023 - 10:05 WIB

Ketua DPRD Kalteng Tinjau Panti Rehabilitasi JAM

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno saat meninjau panti rehabilitasi JAM, baru-baru ini. (Foto : Istimewa)

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno saat meninjau panti rehabilitasi JAM, baru-baru ini. (Foto : Istimewa)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno meninjau panti rehabilitasi gangguan kejiwaan Joint Adulam Ministri (JAM) dikelola Yayasan Panengan Asie Palangka Raya di Jalan Tjilik Riwut KM 18,5 Kota Palangka Raya belum lama ini.

Kepada awak media, Wiyatno mengatakan, kunjungan itu dilakukannya dalam rangka untuk melihat langsung keadaan panti tersebut, dan juga pengelolaannya.

Sehingga nantinya dari hasil kunjungan ini nantinya akan menjadi catatan untuk selanjutnya jika ada hal-hal yang diperlukan bisa disampaikan ke pihak pemda seperti misalnya bantuan.

“Ketika berkunjung saya berkesempatan melihat-lihat apa yang ada di panti rehabilitasi itu seperti ke kebun rehabilitasi, bangsal atau ruang perawatan tempat tidur para klien, serta menyempatkan diri makan malam bersama,”ujarnya, Selasa (25/4).

Baca Juga :  Nilai Jual Tanah KONI dan Dispora Masuk Dalam Penyertaan Modal PT Bank Kalteng

Wiyatno menjelaskan, dari hasil peninjauan tersebut pihaknya melihat pengelolaan sudah cukup bagus, namun ada beberapa yang memerlukan bantuan dari pemda.

“Berdasarkan informasi yang ia dapatkan klien atau orang dengan gangguan kejiwaan yang dirawat di panti rehabilitasi tersebut ada berjumlah 34 orang dan 3 orang diantaranya merupakan titipan dari Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dan 3 orang tersebut bukan karena gangguan jiwa tapi dikarenakan masalah sosial sebab tidak memiliki tampat tinggal,”paparnua.

Di sisi lain, tambah dia, dari informasi yang saya dapatkan juga untuk biaya operasional panti rehabilitasi itu masih belum mendapatkan bantuan berkelanjutan dari pemda melalui bidang kesejahteraan masyarakat maupun Dinas Sosial.

Baca Juga :  Perlu Solusi Atasi Kisruh KONI dan Pemprov Kalteng

“Anggaran untuk pengelolaan pun cukup besar, misal ada perbaikan atau semacamnya. Nah untuk bantuan lain seperti beras itu terkadang ada yang menyumbang,”bebernya.

Wiyatno menyebut, melihat situasi demikian dirinya pun akan mengusahakan untuk menjalin komunikasi serta koordinasi kepada pihak dari pemda melalui dinas atau instansi terkait agar kedepan bisa memberikan bantuan secara rutin setiap tahunnya. Sehingga, untuk biaya operasional panti rehabilitasi itu dapat tercukupi serta terpenuhi demi kebaikan para klien yang dirawat di panti rehabilitasi JAM tersebut. (asro)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Komunitas Seniman Lokal Perlu Dilibatkan dalam Event Budaya

DPRD Provinsi Kalteng

Perkuat Kelembagaan Ekonomi Desa

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dorong Peningkatan SDM Lokal

DPRD Provinsi Kalteng

Waspadai Ancaman Karhutla di Wilayah Kalteng

Daerah

Warga Cempaga Hulu Keluhkan Kurangnya Pasokan Air Bersih

DPRD Provinsi Kalteng

Pemerintah Diminta Atasi Kesenjangan Sosial

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Penggunaan Dana Penanganan Covid-19 Harus Transparan

DPRD Provinsi Kalteng

Mahasiswa Kalteng Turut Menolak 3 Periode