Home / Lamandau / Pemkab Lamandau

Jumat, 14 April 2023 - 19:59 WIB

Bupati Lamandau Ajak Masyarakat Kelola Sampah Rumah Tangga

NANGA BULIK, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan setempat terus berupaya membangun kepedulian masyarakat khususnya dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lamandau H Hendra Lesmana disela-sela kegiatannya saat meresmikan Bank Sampah Induk Bukit Hibul, Kabupaten Lamandau, di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lamandau, Jumat 14 April 2023.

Bupati menjelaskan, seiring dengan pertumbuhan penduduk di daerah maka akan berdampak pula pada peningkatan volume sampah

untuk itu, keberadaan Bank Sampah menjadi sangat penting, kerena selain dapat membantu mengurangi volume sampah yang dihasilkan, dengan memilah sampah yang dapat didaur ulang, sekaligus juga dapat membantu meningkatkan penghasilan masyarakat melalui penjualan sampah yang dapat didaur ulang.

Baca Juga :  Tak Gunakan Masker, 56 Warga Terjaring Operasi Gakkum Protokol Kesehatan 

“Kita harapkan dengan dengan adanya Bank Sampah Induk, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tatacara yang benar untuk memisahkan sampah dan juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan rumah tangga,” ungkap Hendra Lesmana.

Bupati menelaskan, melalui kegiatan peresmian Bank sampah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungannya masing-masing.

“Dengan adanya Bank Sampah Induk Bukit Hibul di Kabupaten Lamandau ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Pemda Lamandau menyambut baik dan mendukung keberadaan Bank Sampah Induk Bukit Hibul ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamandau, Ir H Sunarto menyampaikan, bahwa Konsep Bank Sampah sendiri adalah mengajak masyarakat untuk memilah sampah di rumah kemudian sampah yang sudah terpilah ditabung di Bank Sampah, dimana sampah yang ditabung akan dikonversi menjadi rupiah atau uang.

Baca Juga :  Pantau Harga dan Ketersediaan Stok Sembako

“Sampai saat ini kegiatan di Bank Sampah Induk Bukit Hibul telah berjalan dengan baik,” sebutnya.

Ditambahkan Sunarto, pengurus Bank Sampah Induk Bukit Hibul adalah sebanyak 10 orang, dan jumlah nasabah Bank Sampah Induk Bukit Hibul sampai saat ini sebanyak 85 orang, dengan nilai deposit adalah sebesar Rp 2,7 Juta, serta Cadangan Kas Bank Sampah Induk Bukit Hibul sebayak Rp 2 juta.(BR/*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kamera dan Uang Rp 15 Juta Raib Digasak Maling

Lamandau

Rp1 Miliar Disalurkan untuk Bantuan Keuangan Parpol

Daerah

Pemkab Lamandau Kembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Lamandau

Hadapi Bencana Alam dengan Destana

Pemkab Lamandau

Disaksikan Bupati, Tim Sepakbola Lamandau Lolos Perempat Final

Lamandau

DPS Telah Diumumkan, Segera Lapor Jika Namanya Belum Tercantum

Lamandau

Perbakin Lamandau Gelar Kejuaraan Menembak Antar Klub

Lamandau

Satlantas Polres Lamandau Tindak 363 Pelanggar Selama Operasi Zebra