Home / Pemko Palangka Raya

Kamis, 2 Maret 2023 - 07:00 WIB

Perencanaan Pembangunan Perlu Masukan Masyarakat

Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah saat menghadiri musrenbang. (Foti : Asro)

Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah saat menghadiri musrenbang. (Foti : Asro)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kelurahan diharapkan menghasilkan usulan-usulan prioritas rencana pembangunan yang selanjutnya dibawa pada Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kecamatan.

Sampai dengan minggu kedua Februari 2023 lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya telah melaksanakan Musrenbang di 30 kelurahan yang tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah saat membuka musrenbang RKPD Kecamatan Sabangau mengatakan, bahwa usulan yang diajukan pada tingkat kecamatan disusun dengan memperhatikan aspek pemerataan pembangunan, infrastruktur, ekonomi dan sosial untuk menciptakan SDM berkualitas dan berdaya saing.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Petuk Ketimpun

Selain itu, untuk meningkatkan perekonomian daerah, dan pemantapan tata kelola pemerintahan menuju masyarakat sejahtera sebagaimana tertuang dalam Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Palangka Raya Tahun 2024-2026.

“Musrenbang RKPD ini merupakan musyawarah tahunan kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan, mulai dari kelurahan dan menyepakati kegiatan di kecamatan sebagai dasar penyusunan Rancangan RKPD Kota Palangka Raya Tahun 2024 dan RKPD Tahun 2024,” kata Umi.

Baca Juga :  Karhutla Mulai Terjadi di Palangka Raya

Umi menjelaskan, Pemerintah Kota Palangka Raya dalam melaksanakan pembangunan tidak dapat bekerja sendiri, peran serta masyarakat dari awal perencanaan sangat penting dalam upaya mewujudkan masyarakat yang rukun, aman dan sejahtera.

Umi berharap, partisipasi, semangat, kerjasama dari semua stakeholder baik dari unsur pemerintah, masyarakat, dan swasta yang ada di Kota Palangka Raya untuk menaati kewajiban-kewajiban seperti membayar pajak, retribusi dan lain-lain. Karena itu semua hasilnya akan kembali ke masyarakat dalam bentuk pembangunan di berbagai sektor. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Pemko Raih Penghargaan KIP Tertinggi se-Kalteng

Pemko Palangka Raya

Pemko Tetapkan 8 Titik Lokasi Pasar Ramadan

Pemko Palangka Raya

Lima Badan Publik Raih Penghargaan

Pemko Palangka Raya

Sekda Kota Buka Kegiatan Sosialisasi Sertifikat Halal

Pemko Palangka Raya

Tingkatkan Stamina ASN, Pemko Gelar Senam Jumat Sehat

Pemko Palangka Raya

Ini Penyebab Naiknya Harga Sembako

Pemko Palangka Raya

Warga Palangka Raya Diajak Gemar Berolahraga

Pemko Palangka Raya

Pemko Sambut Baik Tes Cepat Ge Nose C19