Home / Pemkab Kapuas

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:03 WIB

Pemkab Kapuas Gelar FGD Gerakan Nasional Lingkaran

Peserta saat serius mengikuti FGD yang diadakan DPMD Kapuas, Selasa (14/3). (Foto : Sofyan)

Peserta saat serius mengikuti FGD yang diadakan DPMD Kapuas, Selasa (14/3). (Foto : Sofyan)

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas menggelar Focus Group Discussion (FGD) Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) sumber dana operasional desa. Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Permata Inn Kuala Kapuas Selasa (14/3/2023)

Kegiatan yang diikuti oleh para kades dan camat di Kabupaten Kapuas ini diinisiasi Pemkab Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan daerah setempat.

Hadir Asisten II Setda Kapuas, Salman didampingi Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan, Kepala Disnaker Kapuas, Raison, dan dihadiri Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya, Budi Wahyudi, dan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kapuas, Agus Sutejo.

Disela Kegiatan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya, Budi Wahyudi mengapresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Kapuas dalam hal ini Bupati melalui Dinas PMD karena menginisiasi pertemuan ini.

“Target utamanya adalah pekerja peserta bukan penerima upah yang ada di sistem desa. Pak Budi selaku Kepala Dinas PMD Kapuas rencananya akan menggerakan seluruh kepala desa,”ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Karhutla, Kecamatan Selat Gelar Apel Gabungan

Budi Wahyudi mengajak bersama-sama bertanggung jawab untuk pekerja peserta bukan penerima upah ini bukan hanya tanggungjawab Pemda dalam hal ini Pemkab Kapuas tapi juga semua stakeholder yang ada di Kabupaten Kapuas termasuk kades.

Tujuannya adalah memastikan seluruh pekerja informal yang ada di Kabupaten Kapuas ini mendapatkan perlindungan jaminan sosial kuususnya untuk kecelakaan kerja dan kematian

“Semoga Pemkab Kapuas dapat mengajak seluruh kepala desa bersama-sama pastikan seluruh pekerja yang ada di desa itu bisa mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan dalam hal ini program kecelakaan kerja dan kematian,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, pihaknya bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya dan BPJS Kapuas mengadakan kegiatan FGD dalam rangka penguatan kapasitas serta dalam rangka membangun koordinasi dan sinkronisasi program khususnya perlindungan sosial ketenagakerjaan bagi perangkat desa, BPD, RT.

Menurut Budi yang terbaru ini adalah perlindungan untuk pekerja rentan dalam bentuk kegiatan gerakan nasional Peduli Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Dijatah Kouta 1430 Formasi CPNS dan P3K

“Dinas PMD Kapuas punya konsen khusus terkait hal ini karena memang keberadaan pekerja rentan ini memang relatif cukup banyak dan juga perlindungan terhadap mereka secara sosial maupun perlindungan terhadap resiko pekerjaan masih sangat minim.” ujarnya.

Melalui program ini lanjut dia, Pemerintah desa mereka dorong untuk bisa memberikan jaminan dua program paling tidak, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi masyarakat rentan di desa baik itu masyarakat miskin, difabel,” terangnya sembari menambahkan baik itu juga pekerja rentan didorong Pemdes memberikan perlindungan paling tidak dua fasilitas itu.

“Untuk perangkat desa, RT, RW, BPD sudah diwajibkan mereka agar didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan karena manfaatnya banyak dan juga resiko pekerjaan di lapangan tinggi, sehingga yang disampaikan tadi ketika ada resiko kecelakaan kerja, resiko kematian, perlindungan mereka sudah sangat memadai.” tandasnya. (sofyan)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kapuas

Disdukcapil Kapuas Terima Kunjungan Disdukcapil Kalteng

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Perketat Pengawasan Daerah Perbatasan

Pemkab Kapuas

Disdik Dukung SMAN-1 Basarang Masuk PSP

Pemkab Kapuas

Disarpustaka Kapuas Launching Aplikasi Srikandri dan i-Kapuas 

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Minta Kegiatan Keagamaan Sementara Dilaksanakan di Rumah

Kapuas

Hasil Scoring Ulang Pilkades Pulau Kaladan Tidak Berubah 

Pemkab Kapuas

Sekda Kapuas Apresiasi Forum Forsesdesi Kalteng

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas dan Kejari serta PT ABB Teken MoU CSR