Home / DPRD Murung Raya

Sabtu, 25 Maret 2023 - 09:31 WIB

Ketua DPRD Mura Soroti Keberadaan Pasar Ramadan 

Ketua DPRD Mura Doni.

Ketua DPRD Mura Doni.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Menjelang bulan Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UMKM sempat menyatakan meniadakan pendirian lapak Pasar Ramadan untuk masyarakat berjualan Takjil buka puasa seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini disoroti Ketua DPRD Mura Doni. Doni mengingat bahwa Pemkab Mura menerima Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Pusat yang masuk dalam struktur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mura Tahun Anggaran 2023 yang besarnya meningkat sekitar 700 Miliar dari tahun 2022 lalu.

Namun besaran kenaikan APBD Mura yang kini mencapai Rp 1,9 Triliun itu tampaknya kurang berpihak kepada sebagian kecil pelaku usaha mikro kecil yang notabene Ibu Rumah Tangga.

Baca Juga :  HUT Bhayangkara, Dewan Apresiasi Kinerja Polri Jaga Kamtibmas 

Tidak adanya pasar ramadhan ketika memasuki bulan Ramadhan 1444 Hijriah tersebut sempat disampaikan oleh Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Mura Suria Siri dengan alasan peniadaan Pasar Ramadan oleh Pemerintah lantaran status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) baru dicabut.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua DPRD Mura menilai alasan tersebut kurang tepat apabila pemerintah meniadakan pembukaan lapak Pasar Ramadan untuk masyarakat itu gegara status PPKM baru dicabut.

“Saya secara pribadi kurang sependapat kalau alasan hanya PPKM, bahkan di tahun-tahun sebelumnya kita gelar pasar Ramadan dalam situasi pandemi Covid-19, lha sekarang sudah longgar bisa-bisa ditiadakan,” ungkap Doni, belum lama ini.

Baca Juga :  Legislator Minta Tetap Utamakan Jaga Jarak Dalam Beraktivitas

Doni menegaskan bahwa seharusnya pemerintah bisa jeli dalam hal mendukung kegiatan usaha masyarakat kecil pasca pandemi, mendorong pertumbungan ekonomi kerakyataan berkelanjutan.

Selain itu juga, dirinya menilai bahwa pasar ramadan ini sudah menjadi bagian tradisi tahunan saat bulan Ramadan tiba. Selain itu juga, pemerintah ambil bagian memfasilitasi masyarakat muslim untuk mendapatkan takjil ketika berbuka puasa.

“Perihal ini hanya soal kemauan kita saja, kalau soal anggaran jelas tahun ini APBD kita naik. Saya mendorong pemerintah harus tetap melaksanakannya,” tegas Doni. (rian)

Share :

Baca Juga

DPRD Murung Raya

Anggota DPRD Mura Turut Menyerahkan 18 Ekor Bibit Sapi

DPRD Murung Raya

Masyarakat Kecamatan Babuat Usul Penambahan Ambulan

DPRD Murung Raya

DPRD Mura Dukung Program Kota Layak Anak

DPRD Murung Raya

Kedua Waket DPRD Mura Dilantik Sebagai Pengurus Dewan Adat Dayak

DPRD Murung Raya

Dewan Ajak Pemuda Turut Aktif Promosi Wisata

DPRD Murung Raya

Ketua DPRD Mura Imbau Masyarakat Tertib Lalu Lintas 

DPRD Murung Raya

Ketua DPRD Mura Serap Aspirasi Warga Kecamatan Babuat

DPRD Murung Raya

Pemuda Harus Terlibat dalam Pembangunan