Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 14 Maret 2023 - 15:05 WIB

Kemenkeu Satu Bantu Kembangkan UMKM Kalteng

Sekda Kalteng Nujryakin saat memukul tabuh tanda dibukanya acara Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalteng Tahun 2023, di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Selasa (14/3/2023). (Foto : Agung)

Sekda Kalteng Nujryakin saat memukul tabuh tanda dibukanya acara Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalteng Tahun 2023, di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Selasa (14/3/2023). (Foto : Agung)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H. Nuryakin membuka resmi acara Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalteng Tahun 2023, di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Selasa (14/3/2023).

Acara yang mengusung tema “Kemenkeu Satu Mendukung UMKM Tumbuh melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Indonesia Maju”.dihadiri sejumlah pejabat dari kabupaten/kota se-Kalteng.

Nuryakin mengatakan, acara ini bisa mendorong pengembangan UMKM sehingga meningkatkan kualitas perekonomian rakyat yang lebih mandiri, khususnya unit usaha kecil kerakyatan, baik dari sisi kemudahan akses pembiayaan, insentif, pemasaran, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Ratusan Personel Diterjunkan di Operasi Zebra

“Saya berharap Kemenkeu Satu menjadi pendukung perkembangan UMKM agar memberikan asistensi dan bimbingan berupa pemberian pemahaman ketentuan perpajakan, insetif-insentif pajak, perluasan pasar UMKM melalui marketplace dan lelang online produk UMKM. Disamping itu juga Akses Pembiayaan Modal Usaha (KUR dan UMi), sehingga UMKM mitra Kemenkeu Satu menjadi UMKM yang tangguh dan siap menembus pasar ekspor,” kata Nuryakin.

Ia menjelaskan, bahwa UMKM memiliki peranan yang penting dan strategis untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, khususnya pada periode krisis Covid-19.

“Karena itu, sinergi Kemenkeu Satu diharapkan juga dapat mendukung UMKM di Kalimantan Tengah dapat lebih berkembang dan memberikan kontribusi yang besar untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,”ujar Sekda.

Baca Juga :  Kalteng Raih Juara 1 Program CSR Tingkat Nasional

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kebijakan Penerimaan Negara Oza Olavia menyebutkan, sesuai dengan arahan Menkeu, selama dua tahun ini pihaknya diminta untuk mensinergikan seluruh Kemenkeu yang ada di daerah.

“Kemenkeu Satu ini adalah bentuk dukungan Kementerian Keuangan terhadap UMKM dan juga salah satu upaya kita untuk membantu para UMKM agar lebih maju dan berkembang,” ucapnya. (asro)

 

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Peringati Harlah Pancasila

Pemprov Kalteng

Bertambah 6 Orang, Pasien Positif Covid-19 Kalteng Tembus 41 Orang

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Raih 3 Penghargaan BKN Award

Pemprov Kalteng

Tekan Inflasi, Pemprov Sebar Sembako di Tiga Kelurahan

Pemprov Kalteng

Pacu Semangat Tingkatkan Layanan Publik

Pemprov Kalteng

Wakil Gubernur Kalteng Anjangsana ke LKSA Darissalam

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng dan Pemprov Susun Jadwal Kegiatan

Pemkab Kotim

Wakil Gubernur Kalteng Resmikan Mal Pelayanan Publik Kotim