Home / Nasional

Sabtu, 11 Februari 2023 - 07:05 WIB

Tumpas KKB, TNI Kerahkan Pasukan Elite

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (10/2). (Foto : Taupik)

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (10/2). (Foto : Taupik)

JAKARTA, KaltengEkspres.com – Guna memberantas aksi teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Papua, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberangkatkan pasukan ke Papua melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/2/23).

“Pada hari ini saya akan ke Halim, saya ingin melihat pasukan yang akan diberangkatkan ke Papua, saya akan memberikan dukungan moril kepada mereka,” ungkap Jenderal Dudung usai mengikuti Rapim di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) di Jakarta pada Jumat (10/2/23) sore.

Jenderal TNI Dudung menyebutkan bahwa pasukan TNI AD yang diberangkatkan ke Papua difokuskan dalam penanganan KKB di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, yang menjadi lokasi aksi teror KKB beberapa waktu lalu.

Mantan Pangdam Jaya tersebut menjelaskan, selain mengevakuasi Pilot Susi Air, juga untuk mengejar KKB yang melakukan pembakaran Pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Selasa (7/2/23) lalu.

Baca Juga :  2 Bulan Buron, DPO Kasus Penipuan Diringkus Polisi

Namun demikian, Jenderal Dudung tidak menjelaskan secara rinci jumlah pasukan dan satuan elite TNI AD mana yang diberangkatkan ke Papua karena hal tersebut merupakan rahasia demi menjaga keamanan.

Baca Juga :  Antisipasi Hoaks, AMSI Kembangkan Jurnalisme Pre-Bunking

Kasad Dudung menekankan bahwa pihaknya akan melakukan pendekatan humanis namun tetap tegas terhadap KKB di Papua sebagaimana arahan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

“Pendekatan tetap humanis, tetapi sebetulnya yang bisa menjawab ini adalah kewenangan Mabes TNI. Kalau saya kan hanya mengirim. Tapi yang menggunakan itu Mabes TNI. Konsepnya saya lihat Panglima tetap persuasif, humanis, dan tegas terhadap para pelaku teroris,”ujarnya. (taupik)

Share :

Baca Juga

Nasional

Huawei dan AMSI Jalin Kerjasama Kecakapan Digital Media Siber

Nasional

Polisi Bongkar Judi Online Jaringan Kamboja, 6 Orang Ditangkap

Metro Palangka Raya

Kapolri Mutasi Kapolda Kalteng dan Kapolres Seruyan

Nasional

Operasi Lilin, Polri Kerahkan 166 Ribu Personel

Nasional

Polri Pantau Hot Spot Daerah Rawan Karhutla

Nasional

Istri Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur Ditangkap Polisi

Nasional

Kupang Dilanda Gempa 6,6 Magnitudo

Nasional

Sumbar Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR