Home / Daerah / Lamandau / Pemkab Lamandau

Minggu, 5 Februari 2023 - 14:28 WIB

Pemkab Lamandau Belajar Kepariwisataan di Festival Cap Go Meh

Sekda Kabupaten Lamandau Muhamad Irwansyah menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. (FOTO : BINTANG RAHMADI)

Sekda Kabupaten Lamandau Muhamad Irwansyah menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. (FOTO : BINTANG RAHMADI)

NANGA BULIK, KaltengEkspres.com – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk melakukan pengayaan dan belajar kepariwisataan, ekonomi kreatif dan kebudayaan. Minggu, 5 Februari 2023.

Bupati Lamandau, Hendra Lesmana yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Muhamad Irwansyah bersama 9 Kepala OPD, dalam kunjungannya berkesempatan menghadiri Festival Cap Go Meh tahun 2023 di Kota Singkawang.

Diketahui, acara puncak kegiatan perayaan Festival Cap Go Meh 2023 di Kota Singkawang yakni pawai Tatung yang diselenggarakan di sepanjang jalan Diponegoro. Perayaan ini dilaksanakan di hari ke 15 setelah hari raya imlek, dihitung sesuai penanggalan kalender Tionghoa. ‘Cap Go’ dalam diaelek hokkian artinya lima belas, sedangkan ‘meh’ artinya malam.

Baca Juga :  Pemkab Lamandau Apresiasi Kontribusi Dunia Usaha

Festival Cap Go meh tahun ini juga dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko serta masyarakat baik dalam daerah maupun luar daerah.
Acara seremoni Cap Go Meh diawali dengan penampilan tarian persembahan. Menggambarkan kebersamaan dari Sabang sampai Merauke, kemudian juga dilakukan pemukulan gendang.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menyampaikan sambutan mengatakan bahwa Festival Cap Go Meh harus menjadi pusat perhatian dunia internasional.

“Festival Cap Go Meh juga bisa menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas nasional demi mewujudkan Indonesia Emas pada 2045,” kata Moeldoko.

Baca Juga :  DPRD Kapuas Gelar Paripurna ke-14, Sampaikan Hasil Reses

Sementara, Sekda Kabupaten Lamandau, Muhamad Irwansyah mengaku kehadirannya ke acara festival tersebut bersama sejumlah pimpinan OPD bertujuan untuk belajar dan pengayaan kepariwisataan, ekonomi kreatif dan kebudayaan.

“Pengelolaan pariwisata serta pengembangan ekonomi kretaif dan kebudayaan di Kota Singkawang cukup mengesankan, kita ingin belajar dengan mereka,” ungkap Sekda.

Diketahui, Kabupaten Lamandau juga memiliki festival yang kini masuk kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Kita juga punya Festival Babukung, harapannya nanti bisa menggarapnya lebih baik dan menarik lagi, sehingga ke depannya dapat berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya.(BR/*)

Share :

Baca Juga

Kapuas

Tim Terpadu Kapuas Sidak Distributor

Barito

Anggota Satgas TMMD Sambangi Pasar Tradisional

Kobar

BNNK dan Polres Kobar Usut Jaringan Pemasok 1,2 Kg Sabu

Seruyan

Karyawan Sawit Tewas Gantung Diri di Kamar Mandi

Kobar

Nahas, Pengendara Motor Tewas Disambar Vario

Katingan

Tim Gabungan Tanggulangi Hot Spot 

Kotim

Tanda Terimakasih dengan Program TMMD, Warga Bagikan Air Minuman untuk Anggota TNI

Kobar

Besok, Ustad Abdul Somad Tausiah di Pangkalan Bun