Home / Nasional

Selasa, 3 Januari 2023 - 13:02 WIB

Polri Gagas Pelat Nomor Kendaraan Dipasang Chip

Korlantas Polri menggagas pemasangan chip untuk pelat nomor kendaraan guna mencegah pelat palsu beredar. (Foto : Ilustrasi net).

Korlantas Polri menggagas pemasangan chip untuk pelat nomor kendaraan guna mencegah pelat palsu beredar. (Foto : Ilustrasi net).

JAKARTA, KaltengEkspres.com – Cegah penggunaan pelat nomor palsu yang kerap dilakukan pengendara menghindari aturan ganjil genap, Korlantas Polri menggagas pemasangan chip pada pelat nomor kendaraan.

“Kalau untuk pelat nomor chip tahun ini belum, itu baru rencana. Nanti pelat menggunakan chip itu diterapkan setelah warna pelat sudah berjalan,” ungkap Dirregident Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Yusri Yunus dikutip dari laman NTMC Polri, Selasa (3/1/23).

Dirregident Korlantas Polri memperkirakan penerapan pelat nomor chip ini akan diberlakukan dalam beberapa tahun ke depan. Sebab, pelat dengan chip berteknologi Radio Frequency Identification (RFID) ini sudah diterapkan di sejumlah negara di dunia. Sehingga dapat memudahkan akses data kendaraan oleh petugas ataupun melalui kamera tilang elektronik.

Baca Juga :  PT KPC Bakal Lepas 550 Juta Lembar Saham ke Publik

“Dengan demikian, kendaraan yang melanggar lalu lintas bisa teridentifikasi dengan cepat. Karena semua data dari kendaraan itu sudah ada semua, data kendaraan pernah kecelakaan, pernah melanggar, kena tilang berapa kali, ada semua di situ,” jelas Yusri Yunus.

Baca Juga :  Guru SMP Ditembak Mati Saparatis KKB

Yusri menambahkan, nantinya dalam penerapan pelat nomor chip ini, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan seperti perusahaan di bidang tol, agar akses melewati pintu tol menjadi lebih mudah.

“Mudah-mudahan nanti dapat anggaran biar kami bisa wujudkan teknologinya. Karena memang harus dan negara lain sudah menggunakan RFID,” tandasnya. (taupik)

Share :

Baca Juga

Nasional

Bareskrim Selidiki Kasus Bocornya Data Penduduk

Nasional

Giliran Polsek Pasar Rebo Diserang Sekelompok OTK 

Nasional

Gubernur Kalteng Bongkar Data Perizinan Perusahaan Bermasalah di Kalteng

Nasional

Dosen Ditemukan Tewas Membusuk di Rumahnya

Nasional

Polisi Dalami Kasus Jurnalis Aiman

Nasional

Bahas AI Untuk Transformasi Bisnis Berbagai Sektor, AMSI Gelar IDC dan AMSI Awards 2023

Health

Vasco Lesmana Rontok di Fase Group Linus 2023

Nasional

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas