Home / Pemkab Murung Raya

Rabu, 18 Januari 2023 - 12:07 WIB

Pemkab Mura Konsultasikan RPD 2024-2026

Sekda Mura Hermon, saat menyampaikan sambutannya ketika membuka konsultasi publik RPD 2024-2026 di GPU Tira Tangka Balang, Rabu (18/1/2023). (Foto : Idris)

Sekda Mura Hermon, saat menyampaikan sambutannya ketika membuka konsultasi publik RPD 2024-2026 di GPU Tira Tangka Balang, Rabu (18/1/2023). (Foto : Idris)

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya menggelar konsultasi publik Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Murung Raya tahun 2024 2026. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mura Hermon, di GPU Tira Tangka Balang, Rabu (18/1/2023).

Hermon mengatakan, konsultasi publik merupakan tahap musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang aspiratif partisipatif dan terpadu, melibatkan berbagai unsur pemerintahan dan masyarakat untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan.

“Poin-point inti yang menjadi fokus kita dalam RPD tahun 2024-2026 yaitu gambaran umum permasalahan dan isu strategis hingga strategi dan arah kebijakan serta program pemerintah maupun kerangka pendanaan,” kata Hermon.

Baca Juga :  Bupati Ingatkan Warga Waspada Ancaman Banjir

Menurut Hermon, rancangan awal RPD tahun 2024-2026 ini menjadi sangat penting untuk memastikan adanya kepentingan umum, akuntabilitas, rasionalitas, efektivitas, efisiensi, partisipatif, kesinambungan dan keselarasan serta kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Mura Pahala Budiawan mengatakan, dasar pelaksanaan konstitusi publik rencana pembangunan daerah Murung Raya tahun 2024- 2026.

Kemudian, Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah serta instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 52 tahun 2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah bagi daerah dengan masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023 dan daerah otonomi daerah baru.

Baca Juga :  Wabup Mura Tinjau WTP PDAM Puruk Cahu

“Tujuan konsultasi publik untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat para pemangku kepentingan terhadap prioritas tujuan dan sasaran program pembangunan daerah, terutama untuk menjawab permasalahan pembangunan dan isu strategis daerah,” ujar Pahala. (idris)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Rejikinoor Sampaikan Pidato Pertanggungjawaban APBD 2021

Murung Raya

Aparatur Desa Diminta Turut Perhatikan Tenaga Pendidik

Pemkab Murung Raya

Tingkatkan Pengawasan Guru yang Tidak Disiplin

Pemkab Murung Raya

Kunjungi Sekolah Pedalaman, Bupati Mura Motivasi Pelajar

Pemkab Murung Raya

Perdie Geram melihat ASN Merokok di Ruang AC

Pemkab Murung Raya

Hut Mura ke 21 Bakal Dihadiri Banyak Kepala Daerah 

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Dorong Percepat Penyerapan DAK Fisik dan DD 

Pemkab Murung Raya

Usai Terima SK, CPNS dan P3K Diminta Bekerja dengan Giat