Home / Pemkab Murung Raya

Selasa, 6 Desember 2022 - 07:02 WIB

Pemkab Mura Rakor Percepat Penghapusan Kemiskinan

Wakil Bupati Mura Rejikinoor saat menyampaikan sambutannya ketika membuka rakor di Aula Bappeda Litbang Mura, Senin (5/12). (Foto : Idris).

Wakil Bupati Mura Rejikinoor saat menyampaikan sambutannya ketika membuka rakor di Aula Bappeda Litbang Mura, Senin (5/12). (Foto : Idris).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melaksanakan rapat koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P2KE) 2023-2024,  di Aula Kantor Bappeda Litbang Murung Raya, Senin (5/12).

Kepala Bappeda Litbang Murung Raya Pahala Budiawan menjelaskan, kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Menurut Pahala, pemerintah berkomitmen untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024. Mendasar hal tersebut pemerintah telah mengeluarkan regulasi yaitu Perpres nomor 96 tahun 2015 tentang perubahan atas Perpres nomor 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan Permendagri nomor 53 tahun 2020 tentang tata kerja dan penyelarasan kerja serta pembinaan kelembagaan dan SDM tim koordinasi penanggulangan kemiskinan kabupaten/ Kota.

Baca Juga :  Pilkades Serentak Mura Berjalan Aman dan Lancar

“Rapat koordinasi dimaksudkan untuk melakukan koordinasi lintas sektor dalam upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem 2023 2004 di Kabupaten Murung Raya. Adapun tujuan ekstrim bertujuan untuk melakukan keterpaduan dan sinergi program penanggulangan kemiskinan serta kerjasama lintas sektor,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mura Rejikinoor mengatakan, menciptakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan tujuan utama berdirinya negara RI, namun demikian bahwa kemiskinan tetap ada sebagai permasalahan utama dan tantangan besar bagi bangsa Indonesia. Sehingga menjadi tanggung jawab kita semua untuk bangkit dan membebaskan diri dan merdeka dari persoalan kemiskinan.

“Untuk mewujudkan penurunan kemiskinan yang tentunya dibutuhkan komitmen bersama dan kerja keras berbagai pihak,” ujar Rejikinoor.

Terkait upaya-upaya yang telah dan akan dilakukan, lanjut dia, adalah dengan mensinergikan semua program-program dari pusat dan daerah di samping sinergitas antara sektor pembangunan yang ada termasuk upaya-upaya percepatan penyerapan dana pembangunan dengan semakin tingginya sinergi dan harmonisasi antara pemerintah pusat dan daerah serta dengan sektor swasta dan masyarakat maka pada tahun mendatang niscaya akan menurunkan capaian yang semakin baik

Baca Juga :  Pemkab dan DPRD Mura Teken Nota Kesepakatan KUA PPAS 2024

Ia menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura telah menyampaikan permohonan kepada Kemenko PMK RI mulai surat Bupati Murung Raya nomor 130/210/BAPP tanggal 26 Oktober 2022. Hal data by name by address (BNBA) sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan setelah diperoleh data dimaksud, maka akan diperuntukkan untuk program yang tersebar pada organisasi perangkat daerah dalam upaya penghapusan kemiskinan ekstrem di kabupaten Murung Raya pada tahun 2003-2004.

“Syukur alhamdulillah bahwa Kabupaten Mura telah dianugeri potensi sumber daya alam yang melimpah untuk dikelola dengan baik dan dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat dengan kondisi demikian menjadi modal dasar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Murung Raya,” tandasnya. (idris)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Pemuda Diminta Bentengi Diri dengan Nilai Moral Keagamaan

Pemkab Murung Raya

Wabup Mura Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Daerah

Murung Raya

Banjir Rendam Rumah Warga Kelurahan Beriwit

Pemkab Murung Raya

Masyarakat Murung Raya Diajak Untuk Jaga Persatuan

Pemkab Murung Raya

Pembinaan Pemain Muda Sudah Maksimal

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Resmikan Gedung Akademi Kebidanan

Pemkab Murung Raya

Perusahaan Diimbau Bayar THR Penuh

Pemkab Murung Raya

Diskominfo Mura Raih Piagam Penghargaan dari KPP Pratama