Home / Metro Palangka Raya / Pemko Palangka Raya

Sabtu, 3 Desember 2022 - 12:47 WIB

Mati KIR, 30 Kendaraan Angkutan Umum Terjaring

Petugas Dishub Lamandau saat memeriksa surat kendaraan ketika menggelar giat pengecekan kelaikan di ruas Jalan Mahir Mahar Palangka Raya, Jumat (2/12). (Foto : IST Dishub Palangka Raya).

Petugas Dishub Lamandau saat memeriksa surat kendaraan ketika menggelar giat pengecekan kelaikan di ruas Jalan Mahir Mahar Palangka Raya, Jumat (2/12). (Foto : IST Dishub Palangka Raya).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya melakukan Ramp Check atau Audit dan Pemantauan Manajemen Keselamatan terhadap kendaraan angkutan umum dan barang di Terminal W.A Gara Kota Palangka Raya, Jumat (2/12/2022).

Dari giat ini, tim berhasil menjaring 30 kendaraan angkutan umum yang telah mati KIR nya.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah instansi terkait baik dari Balai XVI Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Dirjen Perhubungan Darat, Pol PP Kota Palangka Raya, TNI dan Polri.

Kepala Dishub Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan melalui Kabid Pengembangan dan Keselamatan, Sawang N Krison mengatakan, sasaran giat ini seluruh kendaraan angkutan umum dan barang yang melintas di Jalan Mahir Mahar. Tujuannya untuk memastikan kondisi kendaraan laik jalan.

“Kami ingin memastikan kendaraan angkutan orang dan barang inni layak jalan. Jangan sampai nanti ada rem yang blong, penyimpangan sikap roda depan kendaraan yang tidak benar, dan lampu utama mati. Selain itu juga untuk memastikan emisi gas buang kendaraan tidak mencemari udara dan lingkungan,” ujar Sawang.

Baca Juga :  Aksi Gagal Pencurian Sepeda Motor Terekam CCTV

Kegiatan Ramp Check ini berhasil memeriksa 114 unit kendaraan dan didapatkan 30 unit kendaraan tidak memiliki atau kartu uji berkala kendaraan bermotornya (Kartu Uji KIR) mati.

Baca Juga :  Tiga Pasangan Mesum Terjaring Operasi Pekat

Sawang menjelaskan, dalam kegiatan tersebut tim gabungan juga mensosialisasikan jika Kartu Uji KIR mati atau belum memiliki Kartu Uji KIR agar segera membuatnya di Gedung Pengujia Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Palangka Raya yang berlokasi di belakang Terminal WA Gara. Harapannya dari kegiatan ini dapat meminimalisir angka kecelakaan di Kota Palangka Raya. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Wakil Wali Kota Palangka Raya Minta ASN Kedepankan Kualitas

Metro Palangka Raya

Toko Sembako Dibobol Pencuri, Uang Rp 2 Juta Raib

Metro Palangka Raya

Polda Kalteng Imbau Masyarakat Tak Terprovokasi

DPRD Kota

Dewan Minta Pelaku KDRT Ditindak Tegas

Metro Palangka Raya

Karyawan Hotel Bawa Kabur Uang dan Motor Operasional

Pemko Palangka Raya

Ribuan Anak TK dan Orang Dewasa Ikuti Manasik Haji

Metro Palangka Raya

Rektor se-Indonesia Bakal Bahas Kesiapan Palangka Raya Jadi Ibu Kota RI

DPRD Kota

Adeksi Ajak Pemkab se-Kalteng Bersiap Hadapi New Normal