Home / Kobar

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:11 WIB

Cari 2 ABK Hilang, Tim SAR Sisir Perairan TNTP

Tim Sar dengan mengerahkan dua unit kapal menyisiri lokasi kejadian mencari dua ABK yang hilang tenggelam di sekitar perairan TNTP Kumai Kabupaten Kobar, Selasa (27/12). (Foto : Humas TNI AL Pos Kumai)

Tim Sar dengan mengerahkan dua unit kapal menyisiri lokasi kejadian mencari dua ABK yang hilang tenggelam di sekitar perairan TNTP Kumai Kabupaten Kobar, Selasa (27/12). (Foto : Humas TNI AL Pos Kumai)

 

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Tim SAR melakukan upaya pencarian terhadap dua anak buah kapal (ABK) Tongkang Citra Nabati yang hilang usai tenggelam di perairan sekitar Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Anggota masih melakukan pencarian. Sampai saat ini belum ditemukan,” kata Muhamad Hariyadi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya, Selasa, (27/12/2022).

Hariyadi menjelaskan, sejumlah anggota telah diterjunkan bertolak dari Pos TNI AL Seruyan menuju LKK, dengan menggunakan sarana RIB 01 Palangka Raya. Sedangkan Tim Rescue Pos SAR Sampit telah lebih dahulu menyisir tempat tenggelamnya kapal.

Baca Juga :  Pelaku Penipuan Modus Memberikan Cek Kosong Ditangkap Polisi 

“Sembari berkoordinasi dengan Kapal TB Kawan Kita VII yang sebelumnya menarik Kapal Tongkang tersebut dan menyebar luaskan informasi kepada kapal-kapal nelayan yang beraktivitas disekitar TKM,”ujarnya.

Dari keterangan Peter Houw selaku pemilik Kapal, TB. Kawan Kita VII yang menarik Kapal Tongkang Citra Nabati 123 dengan muatan CPO, menyebutkan, awalnya kapal bertolak dari Sampit menuju ke Jakarta.

Namun dalam perjalanan terjadi cuaca buruk dan gelombang tinggi, sehingga pada Jum’at (23/12) pukul 23.52 WIB, kapal tongkang tenggelam pada titik koordinat 03°49’00″S 111°57”51″E sekitar ±90 NM dari Muara Sampit.

Baca Juga :  Warga Pulpis Dimangsa Buaya Ganas

“Pada saat kejadian ABK TB Kawan Kita VII berusaha mencari 2 orang kru, namun selama 3 jam pencarian mereka tidak membuahkan hasil,”ungkapnya.

Sementara, Mardatillah selaku On Scene Coordinator (OSC) pada operasi SAR ini mengatakan, saat ini Tim SAR gabungan telah melakukan pencarian dengan maksimal namun kendala dilapangan pada saat pencarian cuaca yang cepat berubah, sehingga membatasi waktu pencarian. (arodi)

Share :

Baca Juga

Kobar

Awal Januari Jalan Pangkalan Bun-Kolam Ditutup

Kobar

Maling Uang Rp 40 Juta di Masjid Sirajul Dibekuk

Kobar

249 Penyandang Disabilitas Kobar Bakal Gunakan Hak Pilih

Kobar

Tergerus Air, Dapur Rumah Warga Kobar Ambruk

Kobar

Gasak Enam Unit HP, Maling Toko Ponsel Diciduk Polisi Saat Nongkrong di Kafe

Kobar

Pengendara Motor Tewas Usai Laka Tunggal

Kobar

Bandar Arisan Bodong Didakwa Pasal Berlapis

Kobar

Wow! Buaya Senyulong Tangkapan Warga Seruyan Berbobot 1 Ton