Home / DPRD Kotim

Kamis, 17 November 2022 - 07:26 WIB

Perusahaan Wajib Realisasikan Plasma 20 Persen

Anggota DPRD Kotim M Abadi saat ikut bersama warga memperjuangan hak plas kepada pihak perusahaan PT BAS, Rabu (16/11). (Foto : IST).

Anggota DPRD Kotim M Abadi saat ikut bersama warga memperjuangan hak plas kepada pihak perusahaan PT BAS, Rabu (16/11). (Foto : IST).

SAMPIT,KaltengEkspres.com – Ratusan warga Desa Biru Maju mendatangi Kantor PT. BAS, salah satu PBS yang bergerak disektor perkebunan kelapa sawit, Rabu (16/11/2022).

Kedatangan ratusan warga ini bertujuan menyampaikan tuntutan mereka terkait pembentukan pola kemitraan berupa pembangunan kebun plasma 20 persen dari total luasan lahan dalam perizinan yang dimiliki perusahaan.

Dalam aksi tersebut, sejumlah perwakilan dari masyarakat sempat melakukan pertemuan dengan pihak manajemen perusahaan. Namun belum menghasilkan suatu keputusan, sehingga kedua belah pihak akhirnya bersepakat menyerah keputusan melalui mediasi pemerintah daerah.

Baca Juga :  Desa dan Kecamatan Harus Terlibat Antisipasi Karhutla

Terkait dengan hal ini, Anggota DPRD Kotim M. Abadi meminta manajemen perusahaan PT. BAS untuk bisa memenuhi apa yang menjadi tuntutan masyarakat,sebab hal tersebut memang telah menjadi kewajiban perusahaan.

“Setahu saya PT.BAS ini belum mengantongi HGU, dan untuk mengurus HGU salah satu syaratnya adalah wajib menyisihkan 20 persen dari total luasan mereka untuk pola kemitraan dengan masyarakat sekitar”ujar Abadi, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga :  Dewan Sahkan Perda Pendidikan Diniyah

Adanya aturan tersebut lanjut dia, berarti tidak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak memenuhi apa yang menjadi tuntutan masyarakat desa sekitar tempat usahanya terkait realisasi pola kemitraan plasma 20 persen tersebut.

“Saya sangat berharap pemerintah daerah tidak tutup mata dan mampu bersikap tegas terhadap persoalan ini,sehingga pihak perusahaan tidak bisa lagi bertindak arogan mengabaikan aturan yang berlaku.”tegas Abadi.(yon)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Antisipasi Lonjakan Pemudik

DPRD Kotim

Masyarakat Dapil III Usul Pembangunan Ruas Jalan

DPRD Kotim

Dukung Wilayah Selatan Jadi Kawasan Penyangga Pangan

DPRD Kotim

DPRD Kotim Dukung Program Jumat Beriman

DPRD Kotim

Bupati Kotim Dinilai Keliru Menganggap Dewan Setara OPD

DPRD Kotim

Dewan Harapkan Dermaga Pelangsian Jadi Sumber PAD

DPRD Kotim

Perda Retrebusi Daerah Dinilai Sudah Tak Relevan

DPRD Kotim

Dana Patungan Perbaikan Lingkar Selatan Sampit Belum Terkumpul