Home / Pemkab Kapuas

Selasa, 29 November 2022 - 13:02 WIB

Disdukcapil Kapuas Siapkan Data Pemilih 2024

Kepala Disdukcapil Kapuas Sipie S Bungai saat diwawancarai awak media, di ruang kerjanya, Senin (28/11). (Foto : Sofyan).

Kepala Disdukcapil Kapuas Sipie S Bungai saat diwawancarai awak media, di ruang kerjanya, Senin (28/11). (Foto : Sofyan).

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Menghadapi Pemilu 2024 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kapuas telah mengantisipasi terkait data jumlah pemilih. Hal ini lantaran dalam dua tahun terakhir pihaknya telah melakukan perekaman.

Kepala Dinas Dukcapil Kapuas Sipie S Bungai mengatakan, pihaknya sudah memprediksikan jumlah pemilih untuk Pilpres dan Pileg serta pilkada tahun 2024.

“Bahkan petugas kami sudah siap standby,” ujarnya, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (29/11/2022).

Menurutnya yang diutamakan adalah pemilih pemula ada kurang lebih 16 ribu untuk 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas. Yang banyak itu di sekolah-sekolah.

“Mulai sekarang mereka yang berumur 16 tahun sudah bisa kami rekam namun belum dikeluarkan KTPnya tapi nanti pas hari H mereka sudah punya KTP. Petugas kami sekarang sudah mulai bergerak di setiap Kecamatan dan Desa seluruh Kabupaten Kapuas sesuai jadwal yang sudah kami tentukan,” jelas Sipie.

Kemudian nanti untuk 2024 sudah ditentukan umur sampai tanggal hari H sudah bisa dilihat, itu sudah direkam juga. Diperkirakan jumlah pemilih pemula sekitar 20 ribu lebih. Sampai hari H nya nanti pada tanggal 27 November 2024 semua sudah punya KTP.

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Gelar FGD Penyusunan Dokumen KHLS RPJPD

Dari keseluruhan pemilih di Kabupaten Kapuas pada hari h 313.230 untuk Pemilu pada Pebruari 2024 dan pada Pilkada bulan Nopember 2024 naik menjadi 319.280 ribu. Jadi selisih pemilih pemula untuk pileg/pilpres dan pilkada sekitar 6 ribu.

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Salurkan Bantuan Logistik Korban Banjir Mantangai

“Untuk di kecamatan yang jauh kami mendatangi sekolah sekolah sedangkan untuk di kota belakangan karena dekat saja. Jadi sesuai anggaran yang ada untuk tehun 2022 ini sudah 10 kecamatan, dan terakhir November ini untuk 5 kecamatan di Kapuas Hulu,”paparnya.

“Harapan kami kalau kami sudah turun nanti karena kami menyurati semua desa dan camat mudah-mudahan masyarakat yang sudah diminta itu bisa hadir di tempat sesuai jadwal yang kami tentukan di desa maupun di kecamatan, supaya pekerjaan kita bisa sukses dan mereka pun bisa dibantu dengan adanya kami yang turun ke lapangan.” tambah Sipie. (sofyan)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Perketat Pengawasan Daerah Perbatasan

Pemkab Kapuas

Wabup Nafiah Buka Rakor KKP2DT Kapuas

Pemkab Kapuas

Dandim Kapuas dan Forkopimda Ziarah ke TMP Kencana

Pemkab Kapuas

Erlin Hardi Ajak Masyarakat Kapuas Sukseskan Pilkada 2024

Pemkab Kapuas

Food Estate Harus Dimanfaatkan Maksimal

Pemkab Kapuas

Satpol PP Kapuas Ikut Apel Pengamanan Lebaran Idul Fitri 

Pemkab Kapuas

Warga Tamban Baru Antusias Ikuti Safari Ramadan Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas

PPL Kapuas Dibekali 104 Unit Sepeda Motor