Home / Pemprov Kalteng

Jumat, 25 November 2022 - 08:07 WIB

Badan Publik Diminta Sajikan Informasi Akurat

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat menyerahkan piagam penghargaan KIP kepada Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada malam Anugerah KIP Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022, di Hotel Bahalap Palangka Raya, Kamis (24/11/2022) malam. (Foto : Asep MMC Kalteng).

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat menyerahkan piagam penghargaan KIP kepada Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada malam Anugerah KIP Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022, di Hotel Bahalap Palangka Raya, Kamis (24/11/2022) malam. (Foto : Asep MMC Kalteng).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri acara malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022, di Hotel Bahalap Palangka Raya, Kamis (24/11/2022) malam.

Edy Pratowo mengatakan, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, termasuk kedaulatan informasi.

“Penganugerahan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Badan Publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaiknya mengenai keterbukaan informasi, melalui berbagai inovasi yang tiada henti, terutama adaptasi dengan teknologi informasi yang tentu harus semakin meningkat. karena tuntutan publik juga semakin menuntut layanan yang cepat, mudah, dan murah,”kata Edy Pratowo.

Baca Juga :  Belok Mendadak, Warga Bagendang Tewas Dihantam Aerox

Menurut Edy, pengelolaan keterbukaan informasi publik ini dilakukan dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat, guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.

“Hasil penilaian ini juga diharapkan menjadi sarana introspeksi semua sarana Badan Publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik,” ujarnya.

Wagub berpesan agar Badan Publik harus menyediakan informasi yang akurat, benar dan tidak menyesatkan serta selalu berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta sesuai dengan standar layanan informasi publik dalam pemenuhan hak dan kewajiban atas informasi publik.

“Saya juga ingin mengajak masyarakat luas untuk terus berpartisipasi dengan cermat dalam menggunakan hak atas informasi serta turut mengawasi setiap proses formulasi, implementasi dan evaluasi kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah, karena kunci keberhasilan dari keterbukaan informasi publik adalah kolaborasi antara Pemerintah dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan,”paparnya.

Baca Juga :  Revitalisasi 3 Rumah Betang Telah Berjalan

Sementara itu, Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha dalam sambutannya mengajak Kalteng untuk ikut menggelar keterbukaan informasi publik di level desa. “Kalau keterbukaan publik terus didukung, mudah-mudahan 10 desa informatif di tahun depan itu salah satu modelnya ada di Kalimantan Tengah,”ujarnya.

Menurutnya, orang yang tinggal di pelosok Kalteng punya kesempatan akses informasi yang sama dengan mereka yang sudah kuliah atau level perguruan tinggi negara maju.

“Nanti saya akan minta salah satu komisioner Komisi Informasi Pusat untuk visitasi ke Kalimantan Tengah sebagai bukti Kalimantan Tengah tahun ini Informatif,” imbuhnya. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Pj. Sekda Sampaikan Usulan Percepatan Pembangunan Kalteng 

Metro Palangka Raya

FBIM Kalteng Mulai ‘Go Internasional’

Pemprov Kalteng

Sekda Dorong SOPD Tertibkan Aset

Pemprov Kalteng

Kalteng Raih Juara 1 Program CSR Tingkat Nasional

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Ikut Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Pemprov Kalteng

TPID Berharap BUMD Dukung Program Daging Ayam Beku

Pemkab Pulang Pisau

Pemprov Kalteng dan Pemkab Pulpis Sinergi Budidaya Ikan

Pemprov Kalteng

Sekda Kalteng Ziarah ke Makam Pahlawan