Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 18 Oktober 2022 - 19:26 WIB

Sekda Kalteng Hadiri Rakor Pembentukan Desa Anti Korupsi

Sekda Kalteng Nuryakin saat mengikuti rakor, di Jakarta, Selasa (18/10). (Foto : IST).

Sekda Kalteng Nuryakin saat mengikuti rakor, di Jakarta, Selasa (18/10). (Foto : IST).

JAKARTA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin menghadiri Rapat Koordinasi Pembentukan Desa Anti Korupsi TA 2022 dengan Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, bertempat di JS Luwansa Hotel and Convention Centre, Jalan H.R. Rasuna Said No.22, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan ini mengusung tema “Berawal Dari Desa Kita Wujudkan Indonesia Bebas Dari Korupsi”. Rakor dibuka langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri dan dihadiri oleh 123 orang terdiri dari Perwakilan Sekda dan Inspektur dari Provinsi dan Kabupaten/Kota dari 22 Provinsi.

Firli Bahuri dalam arahannya mengatakan, Desa Antikorupsi merupakan Program unggulan KPK, selain PAKU Integritas, Politik Cerdas Politik Berintegritas. “Karena korupsi, sehingga Indonesia tidak Maju. Masih banyak kemiskinan karena adanya korupsi sehingga terjadinya kemiskinan, korupsi harus kita lawan, kita berantas bersama,” ujarnya.

Ia berpesan, korupsi jangan dibiarkan. Pembiaran sama dengan melakukan korupsi (kejahatan karena membiarkan). Hasil penindakan KPK, untuk tahun 2022 sebanyak 108 orang tersangka yang ditangkap KPK. Tidak ada perbedaan penanganan kasus hukum, tidak ada kriminalisasi dan maka dari itu Kades menjadi contoh Desa Antikorupsi.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Salat Tarawih Berjamaah dengan ICMI

Sebagaimana diketahui, Rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dengan pemerintah daerah baik di Provinsi maupun di Kabupaten yang daerahnya akan menjadi percontohan desa antikorupsi dan memberikan pemahaman ke seluruh pemangku kepentingan, bahwa upaya pemberantasan Korupsi harus dilakukan agar seluruh elemen masyarakat berperan aktif untuk tidak melakukan korupsi dan mewujudkan budaya anti Korupsi.

Baca Juga :  Gubernur Bagikan 6000 Paket Sembako di Sidorejo

Sementara itu, atas nama Pemprov Kalteng, Sekda Nuryakin mengucapkan terimakasih telah diusulkannya dan mengedukasi tiga desa percontohan antikorupsi tahun 2023.

“Saya berharap semoga tidak hanya di desa tetapi dapat merambah sampai ke Kabupaten dan Provinsi, karena seluruh elemen bangsa memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama berkomitmen dalam memberantas korupsi,” tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Plt Gubernur Kalteng Tinjau Sektor Pertanian di Barut

Pemprov Kalteng

Festival Budaya Isen Mulang Diundur Bulan Juni

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Harapkan Karang Taruna Berperan Aktif

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Apresiasi Keterlibatan Pelaku UMKM

Pemprov Kalteng

Edy Pratowo Buka Kejuaraan Bola Voli Gubernur Cup

Pemprov Kalteng

Optimalkan Belanja, untuk Percepat Serapan Anggaran

Pemprov Kalteng

Harga TBS Sawit Kalteng Mengalami Kenaikan

Pemprov Kalteng

Di Usia ke 78, TNI Diharapkan Tetap Junjung Tinggi Profesionalitas