Home / Pemko Palangka Raya

Kamis, 27 Oktober 2022 - 10:00 WIB

Peran Pers Diperlukan dalam Mitigasi Bencana

Kepala BPBD Palangka Raya, Emi Abriyani.

Kepala BPBD Palangka Raya, Emi Abriyani.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kepala BPBD Palangka Raya, Emi Abriyani menyebutkan, mitigasi bencana menjadi agenda yang terus dilaksanakan pihaknya, namun upaya itu diperlukan peranan pers dalam menyampaikan kepada masyarakat.

“Hal itu kita buktikan dengan melaksanakan pelatihan serta mempererat silaturahmi antara BPBD dan insan pers di Kota Palangka Raya. Meski komunikasi kini telah terjalin baik, diharapkan dapat menjadi lebih baik ke depannya terutama dalam penanganan bencana,” kata Emi saat menyampaikan sambutnnya, di kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana yang diadakan di Galeri Resto Tjilik Riwut Palangka Raya, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga :  Guru Diminta Minimalisir Pemberian Tugas

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng, H M Harris Sadikin mengatakan, mitigasi bencana diperlukan peran pers untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyiarkan informasi.

“Peranan pers tentunya sangat luar biasa, seperti saat di tengah pandemi, tetap menjalankan tugas untuk memberikan informasi kepada publik. Kehadiran Pers di lapangan tentunya bertujuan menciptakan aura informasi yang positif,”ujarnya.

Haris menjelaskan, dalam pembentukan opini publik, selain berdampak pada suatu negara juga diperlukan pencegahan agar informasi yang disampaikan dapat menambah semangat para pembaca, dimana dalam menjalankan tugasnya pers juga telah dilindungi undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

Baca Juga :  Fairid Salurkan Bantuan DID Bagi Warga Kurang Mampu

“Saat ini Dewan Pers berupaya melindungi keselamatan wartawan dalam mitigasi bencana. Jangan sampai melanggar kode etik, kembalikan ke hati nurani, peka akan situasi sosial sehingga informasi yang disampaikan tidak melukai masyarakat khususnya terdampak bencana,” harapnya.

Tak kalah penting tambahnya, peran pers dapat memberikan inspirasi agar masyarakat yang terdampak dapat bangkit dari keterpurukannya, sehingga dalam pembentukan opini diharapkan dapat menghadirkan empati sebagai peranan pers dalam mitigasi bencana. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Pemko Tetapkan 8 Titik Lokasi Pasar Ramadan

Pemko Palangka Raya

Data Sebaran Kasus Jadi Acuan Pelaksanaan PTM

Pemko Palangka Raya

Tingkatkan Pelayanan Perpustakaan Kelurahan 

Pemko Palangka Raya

Capaian Pembangunan Fisik Meningkat

Pemko Palangka Raya

Disdik Terbitkan Surat Edaran Libur Ramadan

Pemko Palangka Raya

Wali Kota Bantu Tanah Uruk untuk Perbaikan Jalan

Pemko Palangka Raya

Pemko Perluas Sasaran Vaksinasi

Pemko Palangka Raya

Minim Infrastruktur, Jadi Kendala Disdukcapil Jemput Bola