Home / Kobar

Rabu, 19 Oktober 2022 - 09:25 WIB

KM Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Kumai

Kondisi kapal saat masih terbalik dan karam di dermaga Pelabuhan Panglima Utar Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, Rabu (19/10/2022). (Foto : IST).

Kondisi kapal saat masih terbalik dan karam di dermaga Pelabuhan Panglima Utar Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, Rabu (19/10/2022). (Foto : IST).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Sebuah Kapal Motor (KM) Satya Kencana III milik DLU, tiba-tiba karam saat tambat di dermaga Pelabuhan  Panglima Utar Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng, Rabu (19/10/2022) dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sejumlah kendaraan penumpang yang belum sempat diturunkan terperangkap di dalam kapal sehingga ikut tenggelam.

Kepala KSOP Kumai Hary Suyanto mengatakan, peristiwa ini terjadi berawal saat kapal baru tiba dan bersandar di dermaga Pelabuhan Panglima Utar, sekira pukul 00.00 WIB.

Baca Juga :  Pencuri Rokok Ditangkap Polisi 

Ketika kapal telah tambat selanjutnya proses menurunkan penumpang selesai, sekira pukul 00.40 WIB, ada satu unit truk fuso yang turun dari kapal tersangkut kabel kemudian roboh mengakibatkan posisi kapal miring dan masuk air sehingga akhirnya karam.

“Saat kejadian petugas pelabuhan sempat menurunkan dua unit kapal tugboat untuk menarik kapal tersebut agar tidak tenggelam. Namun karena derasnya air yang masuk menyebabkan kapal karam,”ungkapnya.

Baca Juga :  Ini Cara Pemkab Kobar Cegah Penyebaran Virus Corona

Dalam kejadian ini lanjut dia, terdapat dua sepeda motor dan 8 truk besar yang ikut tenggelam. Sedangkan satu truk yang sebelumnya terbalik menyebabkan kapal karam jatuh ke dalam air.

“Saat ini posisi kapal telah diamankan ke pinggiran dermaga. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejasdian ini, hanya ada total 10 kendaraan yang terjebak di dalam kapal ikut tenggelam ditambah satu truk yang jatuh ke dalam air,”tandasnya. (ar/hm)

 

 

Share :

Baca Juga

Kobar

Nekat Jadi Kurir Sabu, Mahasiswa Kumai Diciduk Polisi

Kobar

Hantam Truk, Pengemudi Mobil Brio Tewas 

Kobar

Kantor Desa Kumpai Batu Bawah Turut Direndam Banjir

Kobar

Insentif Guru Honor Kobar Cair Tepat Waktu

Kobar

Ini Diduga Penyebab Kebakaran Rumah Warga Madurejo

Kobar

Waduh! Pria Ini Gadaikan Motor Orang Tuanya untuk Beli Sabu

Kobar

Curi Sepeda Motor, Amat Dibekuk di Lamandau

Kobar

Jual Sabu, Dua Warga Pangkalan Banteng Disergap Polisi