Home / Kotim

Senin, 24 Oktober 2022 - 17:08 WIB

Direndam Banjir, Aktivitas Warga 36 Desa Lumpuh Total

Rumah warga Desa Hanjalipan Kecamatan Kota Besi saat tenggelam direndam banjir, Senin (24/10/2022). (Foto : Yon)

Rumah warga Desa Hanjalipan Kecamatan Kota Besi saat tenggelam direndam banjir, Senin (24/10/2022). (Foto : Yon)

SAMPIT, KaltengEkspres.com– Musibah banjir yang belum juga surut sejak hampir 2 bulan terakhir membawa kerugian besar bagi warga sejumlah desa yang terdampak.

Tidak hanya materil melinkan juga aktivitas bekerja masyarakat. Karena akibat banjir ini, sebagian besar warga terpaksa harus mengungsi akibat ketinggian air yang terus meningkat.

Seperti pengakuan Iwan, salah seorang warga Desa Hanjalipan. Menurutnya pekerjaan warga sehari-hari kebanyakan adalah sebagai nelayan, petani dan pekebun.

Kondisi itu membuat mereka secara otomatis tidak bisa beraktivitas bercocok tanam di lahan yang kemungkinan sudah  rusak, terlebih lagi tanaman jenis sayur-sayuran.

Baca Juga :  Sah! MK Tolak Gugatan Ben-Ujang 

“Kebanyakan pekerjaan kami masyarakat sini adalah sebagai sebagai nelayan, petani dan pekebun, dengan kondisi seperti ini otomatis aktivitas pekerjaan kami lumpuh total” ujar Iwan.

Sementara itu berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kqbupaten Kotim, saat ini ada 8 Kecamatan dengan 36 desa didalamnya yang terendam banjir.

Baca Juga :  Warga Empat RT Desa Penyang Keberatan Adanya Pemortalan Jalan

Selain merendam total ribuan rumah warga,banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum,seperti 20 Rumah Ibadah,16 Sekolah serta 3 Fasilitas Kesehatan Masyarakat.

Tidak diketahui sampai kapan banjir ini akan surut, namun diperkirakan hal ini akan bertahan lama, sebab berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG puncak curah hujan justru baru terjadi pada bulan Desember datang.
Kendati demikian diharapkan prakiraan tersebut tidak selalu tepat dan cuaca secepatnya normal kembali sehingga musibah ini tidak berkepanjangan. (yon)

Share :

Baca Juga

Kotim

Ditelantarkan, Ibu Tiga Anak Diamankan Satpol PP Kobar

Kotim

Jembatan Merupakan Akses Perekonomian Warga

Kotim

Diduga Kuat Unyir Tewas Dibunuh Karena Motif Asmara Terlarang

Kotim

Dua Pengendara Motor Patah Tulang Usai Menabrak Mobil Hilux

Kotim

Sadis!! Buruh Sawit Nekat Gorok Leher Istrinya Hingga Tewas

Kotim

Polsek Ketapang Musnahkan Sabu Bernilai Puluhan Juta

Kotim

Pembunuh Bos Sawit Cempaga Hulu, Dibekuk Polisi di Batu Licin

Kotim

Naas…Warga Jalan Metro Jadi Korban Tabrak Lari