Home / DPRD Provinsi Kalteng

Senin, 24 Oktober 2022 - 11:05 WIB

Dinas Terkait Diminta Awasi Peredaran Obat Sirup

Anggota DPRD Kalteng, Niksen S Bahat.

Anggota DPRD Kalteng, Niksen S Bahat.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kalteng, Niksen S Bahat meminta kepada Dinkes dan BPOM Kalteng agar melakukan pengawasan terhadap obat sirup penyebab penyakit gagal ginjal pada anak.

Selain pengawasan, juga perlu memberikan informasi atau penyuluhan kepada masyarakat mengenai penggunaan obat sirup yang ditetapkan pemerintah sebagai penyebab gagal ginjal pada anak.

“Instansi terkait bisa saling bekerjasama dalam hal pengawasan obat-obatan dalam bentuk sirup yang dianggap berbahaya bagi kesehatan masyarakat, terutama bagi anak-anak,” kata Niksen Senin (24/10/2022).

Niksen juga mendorong pihak-pihak terkait agar memperketat pengawasan terhadap apotek, toko obat dan lain-lain, termasuk terhadap para tenaga kesehatan (nakes) yang memberikan resep obat di fasilitas kesehatan.

“Upaya ini dilakukan sembari menunggu informasi yang lebih jelas dari pemerintah mengenai bahaya penggunaan obat sirup pada anak. Saya juga menyaranakan apotek atau toko obat sementara waktu ini untuk tidak menjual obat bentuk sirup yang terindikasi mengandung zat berbahaya bagi kesehatan,”ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat di provinsi ini supaya dapat mewaspadai penggunaan atau pemberian obat-obatan pada anak dengan resep mandiri terutana sirup tanpa adanya konsultasi dengan dokter maupun nakes lainnya.

“Apabila anak sakit lebih baik segera diperiksakan ke fasilitas kesehatan terdekat atau mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan sesuai prosedur standar kesehatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada anak,” tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Kesejahteraan Tenaga Medis di Daerah Harus Diperhatikan

DPRD Provinsi Kalteng

Penerapan Digitalisasi Perlu Dalam Pariwisata

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Soroti Amburadulnya Penyaluran Bansos

DPRD Provinsi Kalteng

Anggota DPRD Kalteng Reses Perseorangan di Katingan 

DPRD Provinsi Kalteng

Upaya Pemprov Kalteng Tekan Inflasi Diapresiasi

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Sampaikan Rekomendasi LKPj Gubernur

DPRD Provinsi Kalteng

Raperda RTRWP Kalteng Perlu Kajian Mendalam

DPRD Provinsi Kalteng

Proses PAW Irawati Sudah Berjalan Sesuai Mekanisme