Home / Katingan

Senin, 10 Oktober 2022 - 14:05 WIB

Dewan Soroti Aktivitas Penagihan Pajak Pelanggan Warung

Anggota DPRD Katingan  Muhammad Effendi.

Anggota DPRD Katingan Muhammad Effendi.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Muhammad Effendi, menyoroti aktivitas pegawai pajak Kabupaten Katingan yang menagih secara langsung pelanggan warung.

“Seharusnya, penarikan pajak ini melalui pemilik usaha bukan kepada pelanggan yang berkunjung, baik itu di rumah makan, restoran maupun tempat penginapan,”ungkap M. Effendi, kepada awak media ini, Senin (10/10/2022).

Ia menjelaskan, bahwa diseluruh daerah penarikan pajak itu diberlakukan kepada pihak pengelola usaha, bukan langsung menagih kepada pelanggan.

Baca Juga :  Oknum Pejabat Katingan Digerebek Berduaan dengan Stafnya

“Permasalah ini terjadi di pagatan Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan. Informasi ini didapatkan dari rekannya yang berasal dari luar daerah yang saat itu ada kegiatan di daerah Pagatan,”kata Effendi.

“Rekan saya ini dari luar daerah Katingan dan ada kegiatan di Pagatan, jadi saat datang ke rumah makan dia ini terkejut tiba-tiba pegawai pajak menagih langsung kepada pelanggan,”ujarnya.

Baca Juga :  Dewan Apresiasi Pemberian Vaksinasi Maningitis CJH Katingan

Jika ini dibiarkan lanjut dia, bisa membuat malu daerah dengan sistem penagihan yang termasuk kurang etis. Sehingga Dirinya bertanya-tanya apakah memang sistem mekanisme pangihan pajak memang seperti itu.

“Seperti yang diketahui selama ini bahwa sistem penagihan pajak kepada pelanggan yang berkunjung yaitu dibayar kepada pihak pengelola usaha dengan catatan dan bill yang tertera, namun apa yang dilakukan oleh pegawai perpajakan di Pagatan sangatlah berbeda,”tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Katingan

Nahas, Pengendara Motor Tewas Disambar Truk 

Katingan

DMI Salurkan Bantuan Pengeras Suara 

Katingan

Wabup Katingan Sayangkan Kasus Asusila Kades Tewang Manyangen

Hukum Kriminal

Polres Katingan Ajak Ormas Sukseskan Pilgub 2020

Katingan

Pacaran di Tempat Gelap, Dua Remaja Dianiaya Security Bertopeng

Katingan

Debit Air Sei Katingan Naik, Ruas Jalan Mulai Terendam 

Katingan

Awas! Serangan Lebah Mengancam Warga Katingan

Katingan

Sikapi Pencurian, Masyarakat Diminta Aktifkan Siskamling