Home / Pemkab Katingan

Rabu, 21 September 2022 - 09:07 WIB

Pendapatan Sektor Sampah Ditargetkan Rp 150 Juta Pertahun 

Kepala DLH Katingan Hap Bapperdo.

Kepala DLH Katingan Hap Bapperdo.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Katingan berharap kontribusi dari masyarakat terkait retribusi sampah. Pasalnya, dinas setempat ditargetkan meraih pendapatan dari sektor sampah sebesar Rp 150 juta pertahun.

Hal ini diutarakan oleh Kepala DLH Katingan Hap Bapperdo kepada awak media ini, Rabu (21/9/2022). Menurut Bapperdo, ada hal yang perlu diluruskan dalam penarikan biaya retrebusi dari sektor sampah.

Karena selama ini masyarakat beranggapan telah membayar retribusi ke pihak Bumdes yang telah menarik retribusi sampah.

Baca Juga :  Sunardi Kukuhkan Pokdarwis Guru Langit

“Bagi kita tak masalah silakan BUMDes menarik retrebusi sampah. Namun dari DLH tentunya juga mengharapkan retribusi biaya angkutan sampah dari TPS ke TPA. Kalau dari rumah tangga ke TPS itu oleh Bumdes,”ujarnya meluruskan.

Dijelaskannya, bahwa banyak pertokoan, warung dan rumah makan juga penghasil sampah, tentunya Pemkab Katingan melalui DLH telah mempersiapkan TPS dan kemudian sampah diangkut hingga ke TPA. Sehingga wajar saja ditarik retribusi ke masyarakat.

“Sejauh ini masih susah di tarik retribusi sampah seperti di Kereng Pangi dan tak seperti di Kota Kasongan. Bahkan pemilik toko atau rumah makan membayar retribusi sampah hingga Rp.60 ribu / tahun dengan berbagai kriterianya. Padahal kita ditargetkan pendapatan daerah dari biaya retrebusi sampah ini sebesar Rp 150 juta pertahuan,”bebernya.

Baca Juga :  Apresiasi Atas Dukungan DPRD Katingan  

Sementara sampai saat ini masih diperoleh Rp.80 juta. Pendapatan ini nantinya digunakan untuk peningkatan layanan persampahan di masyarakat. (MI)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Wabup Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Wilayah Selatan

Pemkab Katingan

Diskan Kota Sosialisasi Peningkatan Mutu

Pemkab Katingan

Sunardi Imbau Masyarakat Jaga Toleransi Saat Ramadan

Katingan

Kota Kasongan dan Sekitarnya Akan Disterilisasi dengan Disinfektan

Pemkab Katingan

DLH Katingan Terima Bantuan Dua Truk Sampah 

Pemkab Katingan

Wabup Apresiasi Desa yang Bentuk Pokdarwis

Katingan

Satpol PP Tertibkan Reklame Tak Berizin 

Katingan

Cegah Kerusakan Jalan, Bupati Berharap Masyarakat Tertib Lalin