Home / Pemkab Murung Raya

Minggu, 18 September 2022 - 17:14 WIB

Pemkab Mura Gelar Pasar Murah

Sekda Mura Hermon saat membuka pasar murah yang diadakan di Puruk Cahu, Minggu (18/9/2022).

Sekda Mura Hermon saat membuka pasar murah yang diadakan di Puruk Cahu, Minggu (18/9/2022).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) menggelarpasar murah, Minggu (18/9).

Kegiatan dalam rangka menindaklanjuti arahan Gubernur Kalteng saat rapat secara virtual ini, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya Hermon,

Turut hadir, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Murung Raya Ferry Hardi, Kadis KominfoSP Mura Bimo Santoso, Kepala BPKAD Patusiadi, Kadis Perhubungan Putu Suranta dan jajaran terkait lainnya.

Kegiatan pasar murah yang digelar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Murung Raya bersama Bulog bertempat di halaman Gereja Hosana Puruk Cahu dinilai sangat efektif dilakukan. Sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi, menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan masyarakat.

Baca Juga :  Pesta Rakyat HUT Mura ke 21 Dimeriahkan Artis Ibukota

Sekda Hermon mengatakan, pasar murah akan efektif pada masa tertentu dan mungkin tidak berkesinambungan, akan sangat efektif jika masyarakat juga mengambil peran.

Menurutnya, pemerintah perlu melakukan sosialisasi dan menggerakkan masyarakat dalam program ketahanan pangan. Masyarakat harus mulai memberdayakan dirinya dalam mengelola pekarangan, memanfaatkan lingkungan di sekitar atau bagi yang tidak memiliki lahan, dengan cara hidroponik.

“Bagi masyarakat yang rentan miskin, masa-masa seperti ini adalah sangat sulit. Jika orang miskin mungkin banyak mendapatkan bantuan, namun untuk yang rentan miskin, yang satu level diatas miskin, kemungkinan akan menjadi miskin dan pasar murah sebaiknya lebih menyasar juga ke masyarakat rentan miskin,” tegas Hermon.

Baca Juga :  DKP Mura Tinjau Program KWT Desa Danau Usung

Sementara itu Sekdis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Murung Raya Elmar menyampaikan secara umum komoditi penyebab inflasi di Kabupaten Murung Raya adalah telur dan daging. Inflasi dapat diprediksi terjadi pada hari-hari besar, dimana terjadi kelangkaan produk tersebut. Untuk menjamin tersedianya produk dapat dilakukan dengan penyediaan “Kandang Penyangga” di beberapa lokasi,” jelasnya. (id)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

HUT Bhayangkara, Wabup Apresiasi Kinerja Polisi

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Buka Musyawarah Daerah PPID

Pemkab Murung Raya

Diskominfo Mura Terima Kunjungan Diskominfo Gumas

Pemkab Murung Raya

Perdie Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2023

Pemkab Murung Raya

Sidak OPD, Ini Pesan Wabup Mura kepada ASN 

Pemkab Murung Raya

Generasi Muda Perlu Kembangkan Potensi Diri

Pemkab Murung Raya

Perdie Letakan Batu Pertama Pembangunan Huma Betang

Pemkab Murung Raya

Wakil Bupati Mura Buka Kegiatan Sosialisasi Stunting dan Peningkatan Kualitas Guru PAUD