Home / DPRD Provinsi Kalteng

Kamis, 29 September 2022 - 12:37 WIB

Nelayan Kumai Harapkan Bantuan Mesin dan Alat Tangkap

Anggota DPRD Kalteng Jubair Arifin.

Anggota DPRD Kalteng Jubair Arifin.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin menyebutkan nelayan Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar sangat mengharapkan bantuan alat tangkap ikan dari pemerintah. Hal ini diketahuinya saat melaksanakan reses di Kabupaten Kobar dan mengunjungi tempat pelelangan ikan (TPI) Kumai baru-baru ini.

Jubair mengatakan, harapan yang disampaikan para nelayan itu kepada dirinya yakni agar pemerintah dapat membantu alat jaring ikan milenium bagi kapal nelayan kecil dan juga bantuan mesin kapal 10 GT atau kapal induk serta mesin kapal kecil.

“Harapan ini disampaikan para nelayan guna untuk mendukung aktivitas mereka dalam menangkap ikan disana, agar penghasilan mereka dapat bertambah sehingga bisa berdampak terhadap perekonomian,” kata Jubair Kamis (29/9/2022).

Selain itu, nelayan yang ada di Kelurahan Kumai Hilir juga menyampaikan usulan terkait harapan bantuan mesin pembuatan es balok. Dan es ini nantinya berguna untuk mengelola hasil tangkapan seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan sebagainya agar tidak busuk.

“Karena kendala yang dihadapi para nelayan disana yaitu mengenai cara mengawetkan hasil tangkapan mereka, maka dari itu bantuan mesin pembuat es balok ini sangat dibutuhkan dan diharapkan bisa direalisasi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, nelayan di wilayah tersebut juga mengharapkan adanya bantuan pembangunan gudang tempat penjemuran ikan dan gudang pendingin. Sebab, sarana ini juga sangat penting bagi nelayan supaya ikan hasil tangkapan bisa tetap segar.

Jubair menerangkan, masyarakat yang bermukin di wilayah pesisir Kumai mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu, usulan-usulan terkait bantuan tersebut perlu dipertimbangkan agar bisa direalisasi oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait. (as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Desa Hantipan Minta Ambulans Air

DPRD Provinsi Kalteng

Jangan Beri Ruang Peredaran Narkoba

DPRD Provinsi Kalteng

Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Perlu Didukung

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Turut Prihatin Peristiwa Kebakaran di Puntun

DPRD Provinsi Kalteng

Warga Desa Basirih Hulu Minta Peningkatan Jalan

DPRD Provinsi Kalteng

Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Sebagai Energi Terbarukan Disambut Baik DPRD

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Pacu Pembahasan Dua Raperda

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dorong Peningkatan PAD 2024