Home / Pemkab Katingan

Selasa, 6 September 2022 - 13:39 WIB

Masyarakat Diminta Tak Panik Hadapi Banjir

Kepala BPBD Kabupaten Katinga Roby.

Kepala BPBD Kabupaten Katinga Roby.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Kepala BPBD Kabupaten Katinga Roby menyebutkan sesuai perkiraan BMKG Kalimantan Tengah curah hujan masih tinggi sejak bulan Agustus – September 2022 ditambah lagi pengaruh Lanina.

” Di Katingan curah hujan tinggi sejak minggu ke tiga bulan Agustus dan beberapa kecamatan sempat ada banjir, seperti di Petak Malai Tumbang Habangoi, ” kata Roby, Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, status tanggap darurat banjir, seperti di Katingan Tengah, Perak Malai dan Sanaman Mentikei menjadi langanan banjir seperti Sei Baraoi dan Sei Samba.

Baca Juga :  Bupati Lepas Keberangkatan Tim Sepak Bola U 12 ke Malang

Kendati banjir hanya sebentar saja namun warga yang terdampak di Kecamatan Sanama Mentikei dan berdampak di beberapa dataran rendan Desa di Sanaman Mentikei,” jelas Roby.

Hal ini diakibatkan curah hujan tingggi dan luapan air di sei Samba dan Sei Katingan turun ke sungai akan mengalami peningkatan di daerah bagian hilir mengalami peningkatan 6 cm, sedangkan dibagian Hilir Kecamatan Tasik Payawan semua badan jalan terendam air sedalam 10 -45 cm dan masyarakat telah bangun jembatan didaerah titik yang dalam.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan Pengurus IDI Katingan, Ini Pesan Sakariyas¬†

“Untuk di Kamipang, air masih tinggi dan belum ada laporan dari Desa -deda terend banjir. Karena itu,Katingan harus segera membentuk status siaga karena curah hujan masih tinggi hingga September. Masyarakat diminta tenang saja tetap lalukan aktifitas seperti biasa,” tandasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Puluhan Jamban Pinggir Parit Bakal Ditertibkan

Pemkab Katingan

Katingan Buka Rute Penerbangan Samba-Banjarmasin

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Buka Rapat TEPRA Triwulan I, ini Pesannya

Pemkab Katingan

Disporbudpar Katingan Evaluasi Potensi Wisata Daerah 

Katingan

Tak Enak Menjadi Orang Berstatus ODP

Pemkab Katingan

Bupati Minta Kebun Raya Katingan Dipelihara

Pemkab Katingan

53 Orang Warga Katingan Terpapar Corona

Pemkab Katingan

16 Warga Dahian Tunggal Dinyatakan Sehat dan 2 Orang Isolasi Mandiri