Home / Kotim

Selasa, 6 September 2022 - 13:11 WIB

Lima Komplotan Perompak Kapal Digulung Polisi

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Direktorat Polairud Polda Kalteng menggulung 5 orang komplotan pelaku pemerasan terhadap nahkoda kapal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, Desa Tailo, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan.

Kelima pelaku berinisial IB (34), RM (44), AA (39), HD (39) dan MR (30) ditangkap oleh tim khusus, saat sedang melakukan aksinya terhadap nahkoda tugboat yang sedang menarik tongkang melintas di DAS Barito.

“Kelima  pelaku kami tangkap pada 2 September 2022 lalu saat sedang melakukan aksinya,” kata Dirpolairud Polda Kalteng, Kombes Pol Boby Pa’Ludin Tambunan.

Penangkapan ini lanjut dia, bermula ketika jajaran Ditpolairud Polda Kalteng mendapatkan informasi dari sejumlah nahkoda kapal, bahwa di DAS Barito sering terjadi pemerasan atau dengan pengancaman oleh sejumlah preman mengunakan perahu kelotok.

Sehingga, dilakukan pengintai dan ternyata 5 orang pelaku tengah beraksi dengan mendatangi tugboat yang sedang menarik tongkang. Mereka meminta agar nahkoda menyerahkan uang Rp 10 juta.

Namun karena nahkoda mengatakan tidak sanggup, para perompak tersebut menurunkan tawarannya menjadi Rp 5 juta dan 8 jerigen solar. Nahkoda kembali mengatakan ketidaksanggupannya.

Sehingga, para tersangka tersebut kembali menurunkan permintaannya yakni Rp 2,5 juta dan 3 jerigen solar. Selain itu, mereka juga mengancam akan memanggil lebih banyak preman jika tidak dituruti permintaan tersebut.

Karena takut, nahkoda terpaksa menyerahkan Rp 1 juta dan 2 buah jerigen solar dan berjanji akan menyerahkan uang sisa setelah sampai di tempat tujuan.

Saat di perjalanan tersebutlah, jajaran tim khusus dari Ditpolairud Polda Kalteng melakukan penangkapan terhadap 5 orang pelaku itu. Pelaku kemudian dibawa ke markas untuk penyidikan lebih lanjut. (as/hm)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Kotim

Terus Disorot, Satpol PP dan DPMTSP Kotim Tegur Hypermart

Kotim

Proyek Jalan Gang Batu Mutiara Dikeluhkan Warga

Kotim

Bejat, Paman Tega Cabuli Keponakannya Sendiri 

Kotim

Pengendara Motor Nyaris Tewas Ditimpa Kontainer

Kotim

Penyuluhan Narkoba Untuk Selamatkan Generasi Bangsa

Kotim

Tragis! Warga Kotim Ditemukan Tewas Gantung Diri

Kotim

Nekat Curi Laptop, Dedi Dibekuk Polisi

Kotim

Jual Sabu, Warga Tanah Mas Diringkus Polisi