Home / Pemkab Kobar

Senin, 5 September 2022 - 10:42 WIB

Kiat Pemkab Kobar Pulihkan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19

Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo saat meninjau Bazar Pasar Rakyat bersama sejumlah pejabat.

Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo saat meninjau Bazar Pasar Rakyat bersama sejumlah pejabat.

Adakan Berbagai Event dengan Melibatkan UMKM

PANGKALAN BUN,KaltengEkspres.com– Untuk memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19, berbagai event digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Melalui event-event yang diselenggarakan dianggap mampu membangkitkan perekonomian masyarakat terutama pelaku UMKM. Beberapa event yang di gelar seperti Pasar Rakyat dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI melalui Pemerintah Kecamatan Arut Selatan bekerjasama dengan Lanud Iskandar dan Wans Production.

Pameran produk di Pasar Rakyat.

Pasar rakyat ini dilaksanakan selama 10 hari dimulai sejak tanggal 19-28 Agustus 2022 lalu, di Taman Kota Pangkalan Bun Park. Ratusan pelaku UMKM yang bergerak di berbagai sektor terlibat meramaikan acara tersebut.

Camat Arut Selatan Muhammad Ramlan mengatakan, selain pasar rakyat, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai macam lomba khas agustusan, penampilan sejumlah musisi serta audisi tarik suara di bidang musik dangdut guna menggaet talenta lokal. Hal ini dilaksanakan dalam rangka merayakan HUT ke-77 RI.

Baca Juga :  Jokowi Bakal Berkunjung ke Kobar

“Ini untuk membangkitkan lagi nilai-nilai kebangsaan kita melaksanakan berbagai macam lomba. Selain itu melalui UMKM juga kita ajak masyarakat tumbuh dan berkembang, bangkit sejak pandemi melanda,”jelas Ramlan.

Pada kesempatan ini ia mengajak agar masyarakat bergembira karena ia yakin dengan bergembira masyarakat akan tumbuh dan berkembang dari segi kesehatan maupun ekonominya.

Pasar rakyat saat digelar di kecamatan melibatkan UMKM.

Selain Pasar Rakyat, yang saat ini masih berlangsung, event lain adalah Bazar yang di gelar di kecamatan Pangkalan Banteng pada Bulan Juni lalu dan berbagai kegiatan lain yang telah di buka oleh pemkab Kobar.

Beberapa kegiatan lain, yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat adalah Car Free Day (CFD) saat ini juga sudah mulai aktif sehingga masyarakat bisa berolahraga sekaligus menjadi tempat pusat ekonomi masyarakat dalam jual beli jajanan atau makanan bagi para UMKM.

Baca Juga :  Empat Tahun Berjuang, RSUD Imanuddin Raih Akreditas Paripurna Bintang Lima

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kobar Anang Dirjo, mengatakan, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Kobar, memang mengarah pada peningkatan atau pemulihan ekonomi masyarakat.

Ia mencontohkan kegiatan Bazar Pangkalan Banteng beberapa waktu lalu, itu menjadi motivasi bagi kebangkitan pelaku UMKM setelah himpitan pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun dan membuat pusing pelaku UMKM di Kobar. Melalui berbagai even, menjadi kesempatan dan sarana bagi pelaku usaha khususnya UMKM untuk bisa menggeliat lagi setelah pembatasan-pembatasan di masa pandemi.

Anang Dirjo juga mengajak seluruh jajaran pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan berkaitan dengan membangkitkan perekonomian masyarakat. Selaku pemerintah daerah pihaknya akan terus mendorong agar masing-masing desa menggali potensinya serta menjalin kemitraan dengan seluruh stakeholder yang ada termasuk pihak swasta. (adv)

Share :

Baca Juga

DPRD Kobar

Pemkab Kobar dan DPRD Tetapkan 3 Raperda

Pemkab Kobar

Momen Hari Otda, Kobar Ingin Jadi Contoh Ekonomi Hijau

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Sambut Kontingen Penas KTNA XVI

Pemkab Kobar

4 Warga Kobar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pemkab Kobar

Klaim Lahan di Aruta Ditangani Tim

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Hadiri Resepsi Pernikahan Keponakannya

Pemkab Kobar

Bupati Lantik 128 Pejabat Administrator dan Pengawas 

Pemkab Kobar

Pj Bupati Kobar Larang Tes Calistung Saat Masuk SD