Home / Pemkab Katingan

Jumat, 9 September 2022 - 13:37 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jalan Arah Selatan Katingan Dibahas 

FOTO : Isnaeni - Bupati Katingan Sakariyas saat memimpin rapat Jumat (9/9).

FOTO : Isnaeni - Bupati Katingan Sakariyas saat memimpin rapat Jumat (9/9).

KASONGAN, KaltengEkspres.com– Bupati Katingan Sakariyas memimpin jalanya rapat hasil peninjauan lapangan dan Evaluasi pelaksanaan MoU bersama PT.PEAK didampingi Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama, Jumat (9/9/2022) diruang rapat Bupati Katingan di Setda Katingan.

“Saya berharap pihak perusahaan dapat segera menuntaskan pembukaan ruas jalan ke arah Selatan Katingan, ” ucap Sakariyas.

Sementara Asisten II Setda Katingan, Ahmad Rubama menyebutkan, hasil pemantauan dan evaluasi di lapangan pembangunan dan pembukaan badan jalan sepanjang 52.942 kilometer ada sekitar 230 meter yang belum dikerjakan karena terkena bagian rawa.

“Kondisi pembukaan badan jalan ke arah selatan Katingan ini terkendala sulit mencari bahan untuk timbunan material untuk perkerasan dan harus didatangkan, ” ujar Ahmad Rubama.

Baca Juga :  DLH Katingan Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan 

Dijelaskannya, kondisi pembukaan ruas jalan tak jauh dari HGU perusahaan kelapa sawit ini, dari Desa Kampung Melayu sudah sampai di Desa Gelinggang telah dapat dilalui dibuka oleh PT.Perdada Era Agro Kencana (PEAK)

Ditempat sama Kepala Bapellitbang Katingan, Jhonianto, menyebutkan terkait peningkatan infrastruktur fisik jalan ditargetkan 38 persen dalam RPJMD.

“Diharapkan target ini dapat mengerjakan peningkatan badan jalan sepangan 52 kilometer ini dapat dilakukan,” ucapnya.

Disebutkan Jhonianto, sepanjang jalan yang dikerjakan telah diserahkan ke Pemkab Katingan agar dilanjutkan diserahkan ke pihak Provinsi dan Pusat.

“Sementara untuk dari Desa Baun Bango menuju ke Desa Gelinggang bel banyak fisik dilanjutkan, ” tuturnya.

Kedepan tambah Jhonianto, pada tahun 2023 mendatang dan tahun 2024 seluruh pembukaan badan jalan oleh pihak perusahaan ini dapat diserahkan ke Pemkab Katingan dan menjadi aset daerah dan kemudian di tingkatkan pembangunannya.

Baca Juga :  Sekda Katingan Buka Bimtek Tenaga Pengelola Perpustakaan

Sedangkan, Kepala Dinas PUPR Katingan, Cristian Rain mengatakan, bahwa penyerahan jalan ini ke Pemkab Katingan akan menjadi beban daerah, mengingat pembukaan jalan itu sepanjang 52 kilometer.

“Tentunya anggaran terbatas di PUPR Katingan, dan pada prinsipnya penanganan kinerja ini seolah kinerja PU,”ucapnya.

Senada diutarakan Kabid Bina Marga PUPR Katingan Eka. Menurutnya, ketika diserahkan aset jalan, tentunya juga menambah beban dari PUPR melanjutkan peningkatan jalan agar oprasional.

“Tentunya perlu ada MoU dengan pihak perusahaan pembukaan badan jalan itu, agar dapat di tindaklanjuti sehingga dapat oprasional, “paparnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Camat Katingan Hulu: Pedagang BBM Harus Jauh Dari Pasar

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Buka Raker Persiapan Pilkades 2023

Pemkab Katingan

Edy Pratowo Hadiri Muswil Muhammadiyah Kalteng

Pemkab Katingan

Asisten II Setda Katingan Pimpin Penyusunan LAKIP 2023

Pemkab Katingan

DPMPTSP Katingan Sosialisasi IKM di Katingan Kuala

Pemkab Katingan

Sunardi Buka Musyawarah Lokal Orari, Ini Harapannya

Pemkab Katingan

BNK Katingan Imbau Generasi Muda Jauhi Narkoba

Pemkab Katingan

LKPD Pemkab Katingan Terkendala Sistem SIPD