Home / DPRD Kota

Rabu, 7 September 2022 - 15:21 WIB

Dewan Dorong Pemko Tetapkan HET Bahan Pokok

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf.

Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya agar menetapkan sekaligus mengumumkan harga eceran tertinggi (HET) bahan pokok di pasar tradisional dan swalayan.

Hal ini menurut dia, penting untuk menekan terjadinya inflasi pasca dinaikannya harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah pusat beberapa hari lalu.

“Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya harus rutin mengintervensi harga sembako, dan mengumumkan HET nya agar tidak  terjadi kenaikan harga sembako yang tidak wajar setelah harga BBM naik,” kata Wahid Yusuf, Rabu (7/9).

Wahid menjelaskan, seluruh pelaku usaha harus bekerjasama dengan pemerintah di tengah situasi seperti ini. Baik ydi pasar tradisional, retail-retail modern maupun swalayan harus bersikap jujur dalam menjual produk dagangannya.

“Pihak pengelola harus menyadari, nilai kejujuran dalam menjual barang maupun produk bersifat keperluan, akan menumbuhkan kepercayaan pada diri konsumen,”ujarnya.

Ia memastikan inflasi akan terjadi setelah harga BBM dinaikan, mengingat biaya produksi kebutuhan bahan pokok yang ikut naik. Hanya saja kenaikan inflasi ini dapat ditekan melalui pengawasan dan intervensi ketat oleh pemda.

“Ada beberapa Intervensi yang bisa dilakukan. Mulai dari sanksi terhadap pelaku usaha yang nakal menaikan harga yang tidak wajar hingga melakukan kegiatan operasi pasar,”tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Perencanaan Kegiatan Harus Efektif dan Efesien

DPRD Kota

Dewan Kota Terima Kunjungan Rombongan DPRD Katingan

DPRD Kota

Koperasi Diminta Berinovasi

DPRD Kota

Dikeluhkan Masyarakat, Dewan Tuntut PDAM Tingkatkan Pelayanan

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Vaksinasi Palangka Raya Capai Target

DPRD Kota

Pemberitaan Tentang Covid-19 Harus Bersifat Edukatif

DPRD Kota

Sosialisasi Terkait Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Harus Ditingkatkan

DPRD Kota

Pemko Diminta Tuntaskan Pendataan Cagar Budaya