Home / Katingan

Senin, 5 September 2022 - 12:34 WIB

Dewan Berharap Dinkes Katingan Penuhi Bidan Pustu

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Sugianto.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Sugianto.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Sugianto mengharapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan memenuhi kekurangan bidan di sejumlah Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di masing-masing Desa. Utamanya di sejumlah Desa Kecamatan Katingan Hulu dan daerah hulu lainnya.

Alasannya menurut legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, bidan merupakan tenaga yang benar-benar dibutuhkan masyarakat di masing-masing desa, utamanya untuk ibu-ibu. Dibutuhkan sejak ibu mulai hamil, terlebih ketika ingin melahirkan.

Baca Juga :  Banyak Jalan Rusak, Nyaris Tidak Bisa Dilewati

“Jika di desa tidak ada bidan di desa tersebut saat ingin melahirkan, terpaksa dibawa ke Puskesmas yang ada di Ibukota Kecamatan,” kata Sugianto, Senin (5/9/2022).

Sedangkan jarak antara Desa tersebut dengan Puskesmas yang ada di ibukota Kecamatan cukup jauh. Bahkan, waktu tempuhnya tidak cukup hanya menggunakan waktu 1 atau 2 jam.

“Jika waktu tempuhnya melebihi dari lima jam, khawatirnya bisa melahirkan tanpa bidan di dalam armada (kelotok), saat dalam perjalanan,” ujarnya.

Baca Juga :  Masyarakat Keluhkan Keterlambatan Pengiriman Pupuk Bersubsidi

Sehubungan dengan itulah, sekali lagi dirinya berharap kepada Dinkes setempat agar dapat mengupayakan penempatan sejumlah bidan di pustu-pustu yang belum ada bidannya.

“Sehingga, para ibu yang hamil merasa terjamin saat ingin melahirkan di kampungnya sendiri, tanpa harus bolak balik ke ibukota, yaitu ke RSUD Mas Amsyar,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Sejumlah Fraksi Sampaikan Pendapat Akhir

Katingan

Dua Budak Sabu Katingan Diringkus Polisi

Katingan

Dihantam Ombak, Perahu Motor Terbalik, Satu Orang Hilang

Katingan

Dewan Dukung Berdirinya Pos PPKM

Katingan

Pelarian Dua Napi Asal Kotim Sebelumnya Telah Direncanakan

Katingan

Selama 2019, Ada 134 Pasangan Suami Istri Bercerai di Katingan 

Katingan

Persiapan Porprov, Pengurus Futsal Katingan Seleksi Pemain

Katingan

 Warga Mendawai Hilang Tenggelam Saat Mandi di Sungai