Home / DPRD Kotim

Kamis, 21 Juli 2022 - 14:40 WIB

Sektor Pertanian Kotim Perlu Dikelola Maksimal

Wakil Ketua I DPRD Kotim Rudianur.

Wakil Ketua I DPRD Kotim Rudianur.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur optimistis, jika pertanian di Kotim dikerjakan dengan maksimal mampu menyuplai hingga ke luar daerah khususnya untuk beras.

Pasalnya, saat ini saja sektor pertanian khususnya beras yang dikelola masyarakat sangat banyak di berbagai daerah tidak hanya wilayah Selatan Kotim saja, sehingga jika dikelola dengan baik akan menjadikan sektor cadangan beras di Kotim melimpah.

Baca Juga :  Korban Kebakaran Butuh Bantuan Pembangunan Rumah

“Potensi produksi beras di Kotim sangat besar apabila memang dijadikan fokus utama untuk produksi, maka saya yakin itu akan sukses. Lahan pertanian saat ini saya harap tetap dipertahankan, kalau bisa ditambah lagi,” kata Rudianur, Kamis (21/7/2022).

Rudianur menilai saat ini pertanian di Kotim tengah menunjukkan geliat bagus. Maka dari itu di tengah sektor yang kian merangkak naik itu harus disuplai dengan dukungan anggaran yang ideal dari pemerintah.

Baca Juga :  Dewan Minta Dinkses Kotim Proaktif Cegah DBD

“Karena saat ini ada kecenderungan peningkatan komoditas pangan impor khususnya beras untuk kebutuhan industri. Untuk itu pemerintah harus membuat langkah strategis pembenahan kualitas produk pangan petani agar diserap oleh pelaku industri,” tegasnya.

Menurutnya, pemerintah mesti menyediakan strategi dan teknologi untuk meningkatkan kualitas produk pangan petani sampai kualitasnya setara dengan kriteria yang dapat diterima oleh dunia industri, guna meraih peluang benefit untuk kesejahteraan petani lokal. (ahm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

847 Tenaga Kontrak Diminta Kembali Bertugas

DPRD Kotim

Prioritaskan Pembangunan Sesuai Aspirasi Masyarakat

DPRD Kotim

Raperda Penetapan Desa Tuntas Dibahas

DPRD Kotim

Dewan Dukung Polda Kalteng Usut Tuntas Kasus Mafia Tanah

DPRD Kotim

Dewan Apresiasi Keberhasilan Kotim Kembali Raih WTP

DPRD Kotim

Komisi IV Bakal Konsultasi ke Kemhub RI

DPRD Kotim

Dewan Soroti Retribusi Raperda Perpustakaan

DPRD Kotim

Masyarakat Diminta Ikut Berperan Berantas Narkoba