Home / DPRD Provinsi Kalteng

Jumat, 22 Juli 2022 - 14:18 WIB

Optimalkan Sektor Pertanian Holtikultura

Anggota DPRD Kalteng Lohing Simon.

Anggota DPRD Kalteng Lohing Simon.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kalimantan Tengah dikenal memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, termasuk didalamnya kekayaan holtikultura. Potensi tentunya harus dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah.

Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon menilai, pengembangan sektor pertanian dan hortikultura mampu meningkatkan perekonomian daerah.

“Kalteng memiliki keanekaragaman hortikultura yang tidak dimiliki daerah lain. Kondisi ini tentunya harus dimaksimalkan oleh pemerintah daerah guna meningkatkan perekonomian daerah maupun masyarakat,” ujarnya, Jumat (22/7).

Lohing juga menyebut Kalteng memiliki keanekaragaman buah tropis yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Buah-buah tersebut antara lain rambutan varietas antalagi, mangga-manggaan seperti kuini, kasturi, dan lain sebagainya.

“Ini merupakan peluang yang besar, terutama dalam penguatan sekaligus pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan. Untuk memaksimalkan peluang tersebut, pemerintah harus memperhatikan ketersediaan benih atau bibit komoditas tersebut. Agar para petani tidak mengalami kesulitan terkait kebutuhan benih, seperti yang selama ini dikeluhkan,”beber Lohing.

Baca Juga :  Dewan Dorong Percepatan Pembangunan KaltengĀ 

Selain itu pengawasan dari pemerintah melalui instansi terkait juga harus ditingkatkan, untuk bisa menjamin bahwa bibit atau benih yang disediakan benar-benar memiliki kualitas terbaik, sebelum nantinya diedarkan kepada para petani.

Baca Juga :  Dewan Bahas Sejumlah Raperda Masa Sidang III

“Kami harap pemerintah bisa memberikan dukungan lebih terkait hal ini. Bila perlu mengajak perguruan tinggi, termasuk seluruh kalangan masyarakat untuk mengembangkan varietas unggulan lokal secara modern, sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomi yang berdampak positif bagi daerah juga masyarakat, khususnya petani,” tandasnya. (via)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi II Bakal Godok Raperda Karhutla

DPRD Provinsi Kalteng

Masuki Masa Sidang II, Dewan Minta Perkuat Sinergi

DPRD Provinsi Kalteng

Perda Tidak Efektif Agar Direvisi

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Banjarmasin Jalin Sinergi dengan DPRD Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Warga Magantis Usul Pengerukan Sungai

DPRD Provinsi Kalteng

Penerimaan Pajak Pusat dan Daerah Belum Optimal

DPRD Provinsi Kalteng

Pajak Air Permukaan Kurang Sosialisasi

DPRD Provinsi Kalteng

Pemerintah Diminta Benahi Jalan Lingkar Selatan Sampit