Home / DPRD Kotim

Jumat, 29 Juli 2022 - 09:22 WIB

Kebijakan Keolahragaan Perlu Disinergikan

Anggota DPRD Kotim Abdil Kadir.

Anggota DPRD Kotim Abdil Kadir.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Abdul Kadir mengatakan, kebijakan keolahragaan berkaitan erat dan memerlukan sinergitas dengan sektor-sektor pembangunan lainnya. Terutama bidang pendidikan, budaya, pendidikan agama, kesehatan, pariwisata, sosial, tenaga kerja, perindustrian dan perdagangan.

“Atas dasar argumentasi tersebut, maka diperlukan perencanaan yang sistematis, terpadu, dan berkelanjutan yang dipayungi aturan hukum yang akan memberikan arah bagi pembangunan keolahragaan di Kotim,”ungkapnya, Jumat (29/7).

Menurutnya, payung hukum tersebut berupa Peraturan Daerah tentang Keolahragaan di Kotim. Keberadaan Perda nantinya harus mampu menjamin terciptanya koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas antar institusi dalam pembinaan keolahragaan.

“Adanya konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan, serta optimalisasi peran berbagai pihak dalam hal ini pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam membangun keolahragaan, sehingga dapat tercapainya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan,” tegasnya.

Baca Juga :  Stop Gunakan Jasa Calo Dalam Mengurus Adminduk 

Fraksi Golkar berharap, penyusunan Raperda ini dilandasi pada paradigma bahwa penyelenggaraan keolahragaan harus mampu untuk mendukung pencapaian target pembangunan daerah dan target pembangunan milenium (MDGs).

Baca Juga :  Serap Aspirasi, Dewan Reses ke Dapil Masing-masing 

“Peraturan Daerah ini dibentuk dalam rangka memberikan arah, landasan, dan kepastian hukum bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan keolahragaan di daerah secara terpadu dan berkelanjutan,” ungkap Kadir.

Perlu dicatat tambah Abdul Kadir, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, mengatur segala aspek keolahragaan yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. (ahm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Dewan Sorot PJU yang Tidak Berfungsi

DPRD Kotim

Dewan Minta Kabel Melintangi Jalan Dirapikan

DPRD Kotim

UMKM Lokal Harus Dilibatkan dalam Event Daerah 

DPRD Kotim

Fraksi PDIP Pilih Diam Saat Rapat Internal

DPRD Kotim

Genjot Sektor Pajak di Wisata Ujung Pandaran

DPRD Kotim

Antisipasi Lonjakan Pemudik

DPRD Kotim

Komisi IV Dorong Investor Sawit Terlibat Bangun Jalan

DPRD Kotim

Pemda Diminta Maksimalkan Program Kampung KB