Home / Pemkab Katingan

Kamis, 14 Juli 2022 - 12:22 WIB

Bupati Katingan Buka Festival Budaya PHS Tahun 2022

FOTO : Isnaeni- Bupati Katingan Sakariyas saat membuka secara resmi Festival Budaya PHS Rabu (13/7) malam.

FOTO : Isnaeni- Bupati Katingan Sakariyas saat membuka secara resmi Festival Budaya PHS Rabu (13/7) malam.

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Bupati Katingan Sakariyas, membuka secara resmi Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (PHS) yang diikuti peserta dari 13 kecamatan se-Kabupaten Katingan, Rabu (13/7/2022) malam.

“Saya mendukung penuh kegiatan Fesival Budaya PHS tahun 2022 ini.Semoga semakin berkualitas dan lancar dalam melestarikan budaya Dayak khususnya di Kabupaten Katingan, ” kata Sakariyas saat membuka kegiatan FBPHS di lapangan Sport Senter Kasongan, Rabu (13/7/2022) malam.

Ia menjelaskan, bahwa budaya merupakan tempat bersemanyam norma religu, adat istiadat, etika, benda purbakala peninggalan sejarah, kesenian ritual agar tidak punah seiring kemajuan zaman.

Baca Juga :  Desa Diminta Bentuk Tim Relawan dan Anggarkan Dana Mitigasi Bencana

“Hal ini harus diwaspadai secara nyata untuk melestarikan, menjaga, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya melalui pembinaan generasi muda melalui ivent ini,” sebutnya.

Sedangkan kegiatan FBPHS ini bertujuan, sebagai upaya pengembangan seni budaya di Kabupaten Katingan, dengan demikian nilai kekayaan dan keragaman budaya daerah Katingan dapat dilestarikan dalam rangka memperkaya nilai histori budaya dayak semangkin tak dikenal lagi oleh generasi sekarang.

“Saya mengajak kita semua mengikuti kegiatan FBPHS 2022 dapat melaksanakan dan peserta mengikuti seluruh rangkaiam kegaiatan, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Demam, Batuk dan Pilek Selama 14 Hari, Masuk Katagori ODP

Sebagai bentuk kepedulian Pemkab Katingan terhadap seni budaya Dayak di Katingan, dengan demikian kegiatan FBPHS merupakan agenda tahunan dilaksanakan guna memeriahkan hari jadi Kabupaten Katingan.

Semetara itu, Kepala Disporbudpar Katingan, Risnaduar menyebutkan, bahwa kegiatan FBPHS ini diikuti 13 Kecamatan se – Katingan, dilaksanakan pada tanggal 13 Juli hingga 15 Juli 2022 di Kota Kasongan Kabupaten Katingan.

” Kegiatan ini melombakan 4 cabang lomba yakni, Lomba Tarian, lomba Menyipet, lomba Lawang Sekepeng dan lomba karunggut, “ujarnya.¬† (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Tim Gabungan Semprot Disinfektan di Kereng Pangi.

Pemkab Katingan

Bupati Perintahkan Satpol PP Tertibkan Pelajar Keluyuran

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Pimpin Rapat Evaluasi Covid-19

Pemkab Katingan

Dua Usulan Kecamatan Petak Malai Belum Terealisasi 

Pemkab Katingan

Awal Ramadan, Sekolah Diliburkan

Pemkab Katingan

Program Jemput Bola Disdukcapil Ditunggu Masyarakat

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Buka Pelatihan Aplikasi SPSE

Pemkab Katingan

OPD Diminta Patuhi SE Bupati Terkait KTR