Home / Pemkab Murung Raya

Senin, 4 Juli 2022 - 15:45 WIB

30 ASN Mura Ikuti Pelatihan Advokasi PUG dan PPRG

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melaksanakan rapat terkait Advokasi Kebijakan Pendampingan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan pelatihan teknis dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Kabupaten Murung Raya di aula A kantor Bupati, Senin (4/7).

Rapat dibuka Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph diwakili Asisten I Sekda Serampang dan dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk,dan Keluarga Berencana (DP3A-Dalduk KB) Lynda Kristine, Serta sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Atas nama Pemkab Murung Raya, Asisten I Sekda Serampang, sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Ini sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan anak yang merupakan salah satu sasaran pembangunan Kabupaten Murung Raya, sekaligus sebagai upaya mengintegrasikan pengusutamaan gender serta perlindungan anak pada setiap tahapan dan proses pembangunan,” terangnya.

Baca Juga :  Sekda Mura Pimpin Rakor Kesiapan Penanganan Banjir

Menurutnya, berdasarkan pada angka indeks pembangunan manusia (IPM) dan angka indeks pembangunan gender (IPG) dapat dimaknai sebagai hias gender dalam pembangunan pada tahun 2021 Murung Raya berada dalam angka IPM 68,12 dan IPG 83, 55.

“Sebagai mana kita ketahui bersama apabila angka IPG lebih kecil dari IPM maka akan berakibat pada terjadinya ketidaksetaraan gender,” ujar Serampang.

Lanjutnya, untuk melihat sejauh mana tingkat pencapaian dalam pemberdayaan gender dapat diukur dengan indeks pemberdayaan gender (IPG).

“Hal inilah yang menjadi perhatian kita bersama akan keseimbangan tumbuh kembang angka IPM dan IPG, karena demikian seluruh sektor dalam penggunaan sudah mencerminkan adanya peran serta IPM,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-Dalduk KB) Lynda Kristine Perdie, menjelaskan, sebanyak 30 orang akan mengikuti pelatihan teknis dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Kabupaten Murung Raya.

Baca Juga :  Perdie Resmikan Sentra Industri Furniture

“Peserta khusus yang mengikuti pelatihan teknis berasal dari Kepala Sub Bagian (kasubag) perencanaan dari setiap SOPD yang berjumlah 30 orang dengan waktu pelaksanaan kegiatan yaitu selama 2 hari pada tanggal 4 dan 5 Juni tahun 2022,” ujar Lynda lagi.

Tujuan kegiatan tersebut, kata Lynda Kristine, untuk memberikan advokasi kebijakan dan pendampingan pelaksanaan PUG di Kabupaten Murung Raya tahun 2022. Mengingatkan, jelasnya, kemampuan teknis dalam penyusunan dan perencanaan serta penganggaran responsif gender bagi anggota focal point yang susunan rencana ada di setiap SOPD. (id)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

UMK Mura 2023 Ditetapkan Rp 3,4 Juta Lebih 

Pemkab Murung Raya

Sekda Mura Ajak Generasi Muda Kembangkan Bakat

Pemkab Murung Raya

Wakil Bupati Lepas 244 Atlet Mura untuk Mengikuti Porprov Kalteng

Pemkab Murung Raya

Semua Pihak Diminta Tangkal Hoax tentang Vaksinasi

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Hadiri Rakor Operasi Lilin Telabang

Pemkab Murung Raya

Kunjungan Danrem Disambut Baik Bupati Mura

Pemkab Murung Raya

Dinsos Murung Raya Rawat Bayi Malang

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Bangun Komitmen Bersama Berantas Stunting