Home / Pemkab Kobar

Kamis, 9 Juni 2022 - 15:27 WIB

Percepat Penyaluran DAK Fisik dan DD

Sekda Kobar Suyanto saat menyampaikan sambutannya, Kamis (9/6).

Sekda Kobar Suyanto saat menyampaikan sambutannya, Kamis (9/6).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mendorong percepatan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Dana.

Karena itulah Pemkab Kobar mendukung pelaksanaan kegiatan Disemininasi Kajian Fiskal Regional (KFR) dan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Kantor Bupati, Kamis (9/6).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hari Utomo dan diikuti oleh kepala SOPD pengelola DAK dan dana desa di Kobar.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Suyanto, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Kobar mengatakan, kegiatan tersebut penting, mengingat peran DAK Fisik dan dana desa bagi masyarakat.

Menurutnya, di tahun anggaran 2022 ini, DAK Fisik yang dikelola Pemkab Kobar sebesar Rp. 112 miliar lebih.

Baca Juga :  Perlu Perketat Pengawasan Masuknya Narkoba

“Jumlah tersebut menurun drastis sebesar lebih dari 50% dibanding tahun anggaran 2021, demikian juga dengan sub bidang yang dikelola, dari 18 subbidang di TA. 2021, saat ini sebanyak 14 subbidang,” kata Suyanto.

Suyanto menambahkan dari 14 subbidang tersebut, saat ini sebanyak 7 subbidang yang dananya telah tersalurkan dari rekening kas umum negara ke kas umum daerah.

“Belum tersalurnya DAK Fisik 7 subbidang tersebut harus menjadi perhatian serius bagi para pemangku kepentingan, kendala-kendala yang dihadapi silahkan diutarakan, saat ini kita semua disini berkumpul untuk mencari solusi, sehingga sebelum batas waktu penyaluran habis semua DAK Fisik Tahap Pertama dan data kontrak sudah dapat diselesaikan,” ujar Suyanto.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Bupati Terkait Antisipasi Virus Corona di Kobar

Terkait dana desa, pagu yang dikelola TA. 2022 sebesar Rp.70.631.198.000,- telah disalurkan sebesar Rp.33.158.470.480,- atau 46,95%. “Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat telah menyelesaikan penyaluran Dana Desa Tahap I dan Dana Desa untuk BLT Desa Triwulan I kepada seluruh Desa,” ucap Suyanto.

Pemkab Kobar lanjut dia, menyadari bahwa dana desa memiliki peranan penting dalam menggerakkan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Karena itu Pemkab Kobar akan terus mendorong percepatan penyaluran dana desa sehingga manfaatnya dapat cepat dirasakan oleh masyarakat khususnya,”pungkasnya. (sy)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Bupati Nurhidayah Lepas 6 Pasien Sembuh Covid-19

Pemkab Kobar

Dispora Kobar Apresiasi Turnamen Sepak Bola DPRD CUP V

Pemkab Kobar

BNPB Sebut Wilayah Kobar Rawan Terjadi Dua Bencana

Pemkab Kobar

Bupati Nurhidyah Minta Pasar, Terminal Hingga Bus dan Travel Disemprot Disinfektan

Pemkab Kobar

Bupati Ingatkan Ritel Modern Jangan Matikan Pedagang Kecil

Pemkab Kobar

Bupati Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Berita Hoax

Pemkab Kobar

Sapras Pendidikan Harus Ditingkatkan

Pemkab Kobar

Bupati Kunjungi Disdukcapil, Terima Layanan Urgent Melalui WA